STUDI LAYANAN ADMINISTRASI DI SMA NEGERI

Abia Trifosa(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang studi layanan administrasi di SMA Negeri 5 Tana Toraja yang berfokus pada layanan administrasi sarana dan prasarana, administrasi kesiswaan, dan administrasi kurikulum, serta faktor pendukung dan penghambat pada layanan administrasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga administrasi sekolah dan siswa. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verfikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Layanan administrasi di SMA Negeri 5 Tana Toraja berpedoman pada standar layanan administrasi dalam permendiknas nomor 24 tahun 2008. Rincian tugas dari tenaga administrasi yang telah terlaksana sesuai dengan permendiknas tersebut yaitu layanan administrasi kesiswaan dan layanan administrasi kurikulum. Adapun yang belum terlaksana yakni salah satu dari rincian tugas administrasi sarana dan prasarana yakni mengerjakan/membuat penghapusan barang. Pelaksanaan layanan administrasi di sekolah ini dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik sekolah. Dari keseluruhan tupoksi yang dilaksanakan oleh tenaga administrasi sekolah berorientasi pada kelancaran pembelajaran. Faktor pendukung dan faktor penghambat yang dimiliki dan dihadapi oleh tenaga administrasi baik dalam menjalankan standar layanan administrasi maupun dalam meningkatkan kompetensi tenaga administrasi yang ada di SMA Negeri 5 Tana Toraja yaitu faktor pendukungnya terletak pada fasilitas yang tersedia di sekolah. Kemudian kendala yang dihadapi tenaga administrasi sekolah yakni kurangnya personil tenaga administrasi sekolah dan kualifikasi pendidikan yang tidak sesuai dengan bidangnya.

 


Full Text:

PDF

References


Dede Rosyada. 2013. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Eti, Rochaety, dkk. 2009. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Umar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan ke-14. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herabudin. 2011. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. h. 60.

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Mahmud, Marzuki. 2012. Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja G rafindo Persada. h. 63-65.

Matthew Miles, Michael Huberman, Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analisis A Metthods. Sourcebook-sage.pdf. h. 14

Peraturan Menteri PendidikanNasional Republik Indonesia No. 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Purwanto, Ngalim. 2010. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surahyo. 2015. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Sistem Pendidikan, Permasalahan dan Pemecahannya. Jurnal Didaktika Islamika. Vol. 5 No.1 h. 100.

Suryosubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Bahasa BP. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: Balai Pustaka. h. 206.

Usman, N. Huseyinli, A. dan Murniati. 2014. Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Fatih Bilingual Scholl Lamlagang Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan. 4 (2). 01-11.

Website sekolah, 2018. Sambutan Kepala Sekolah. Diakses dari http://sman5tator.sch.id/. Pada tanggal 10 September 2018 pukul 20.00 Wita.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 3 times

E-ISSN: 2721-1886

Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan dipublikasikan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

Contak Person: Jamaluddin

Email: apfipunm@unm.ac.id