IMPLEMENTASI BUDAYA PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAMUJU)

Aprilyah Nuradhayani(1*), Muh. Ardiansyah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) FIP UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak:        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi budaya pendidikan karakter di MAN 1 Mamuju yang berfokus pada mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah kurikulum, wakil kepala madrasah kesiswaan,  guru, pembina esktrakurikuler dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi budaya pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran yaitu guru-guru mencantumkan nilai-nilai karakter ke dalam silabus dan RPP serta menerapkan nilai-nilai karakter tersebut ke dalam proses pembelajaran, kemudian melakukan evaluaasi hasil belajar siswa melalui penilaian dalam aspek spiritual, sikap social, pengetahuan dan keterampilan. (2) Implementasi budaya pendidikan karakter melalui pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan esktrakurikuler di sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler beberapa nilai karakter telah terwujud. (3) Implementasi budaya pendidikan karakter melalui budaya madrasah yaitu dilakukan dengan pembiasaan rutin dan spontan. Melalui pembiasaan tersebut beberapa nilai karakter telah terwujud.

Kata Kunci:     Implementasi, Budaya, Pendidikan Karakter

Abstract:         This study aims to examine implementation of a character education culture in MAN 1 Mamuju which focuses on Subjects, self-development and madrasa culture. This study uses a qualitative approach. This research was conducted at the principals, vice principal of the curriculum, vice principal of the curriculum student, teachers, Extracurricular coaches, and students. Data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. Data analysis techniques used are by data reduction, data exposure and conclusion. The validity of the data using triangulation technique and source triangulation. The results showed that (1)  Implementation of character education culture that is integrated into subjects, teachers include character values into syllabus and lesson plans and apply these character values into the learning process, then evaluate student learning outcomes through assessment in spiritual aspects, social attitudes, knowledge and skills. (2)  implementation of the character education culture through self-development is carried out through extracurricular activities at school. Through extracurricular activities some character values have been realized. (3) implementation of the culture of character education through madrasa culture is done by routine and spontaneous habituation. Through habituation some character values have been realized.

Keywords: Implementation, Culture, character education


Full Text:

PDF

References


Akib, M.A., 2014. Implementasi Pendidikan Nilai-nilai Karakter dan Budaya Bangsa (NKBB) di SMAN Khusus Jeneponto (Tesis). Universitas Negeri Makassar Pascasarjana, Makassar.

Departemen Pendidikan Nasional, 2009. Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia. Mizan, Bandung.

Gunawan, Heri., 2012. Pendidikan karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

______________ 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Praktek, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kusuma, D., 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Labirri & Salma, 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal. Makassar: P3i Press.

Majid, A., Dian Andayani, 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marzuki, 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Sinar Grafika offset.

Mulyasa, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

______, 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Muslich, Masnur., 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

"Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 201 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter"

Poerwadarminta, W.J.., 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusmayanti, M., 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sudjana, N., 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhartono, S., 2009. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Arruz media.

Sulistyowati, E., 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta.

"Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional"

Wibowo, A., 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 0 times

E-ISSN: 2721-1886

Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan dipublikasikan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

Contak Person: Jamaluddin

Email: apfipunm@unm.ac.id