MANAJEMEN KESISWAAN FULL DAY SCHOOL (STUDI PADA PEMBINAAN SISWA DI SMP NEGERI)
(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v1i1.9278
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah Pembinaan Kesiswaan Full Day School di SMP Negeri 6 Makassar yang berfokus pada aspek kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kesiswaan Full Day School di SMP Negeri 6 Makassar meliputi:1) Pembinaan Ekstrakurikuler di rancang di awal tahun pelajaran dengan bentuk kegiatan pengembangan diri siswa di bidang seni, olahraga maupun akademik yang dilakukan sesudah jam pembelajaran di hari sekolah senin sampai jumat dan jadwal khsusus di hari sabtu dibina oleh guru. Siswa bebas memilih kegiatan yang diminati dan tentunya di bawah pengawasan sekolah. selain itu, sarana dan prasarana yang mendukung sehingga prestasi telah banyak diraih:2) Pembinaan Kokurikuler di susun oleh guru mata pelajaran sesuai kebutuhan, bentuk kegiatannya yaitu les tambahan untuk kelas IX sebagai penguatan materi menjelang ujian nasional, bimbingan khusus untuk mengikuti lomba-lomba serta siswa yang tertinggal pelajaran yang berlangsung di sore hari maupun di jam kosong guru mata pelajaran di fasilitasi sekolah serta metode yang digunakan yaitu memberikan soal-soal secara intensif.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 413 times | PDF view : 40 timesPublished by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.