MANAJEMEN KURIKULUM DI PESANTREN PUTERI UMMUL MUKMININ AISYIYAH WILAYAH SULAWESI SELATAN

Rezky Indah Sari(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak:  Penelitian mengakaji tentang Manajemen Kurikulum Pesantren pada Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan . Tujuan penelitian yakni mengetahui bentuk Perencanaan, Pengembangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kurikulum di Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan . Fokus penelitian adalah bagaimana manajemen kurikulum pada Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan kurikulum dilakukan di pusat LP2M, dalam perencanaan hal yang dirumuskan adalah menentukan tujuan pendidikan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek, kemudian merumuskan isi kurikulum atau menentukan mata pelajaran dan tujuannya sampai penciptaan lingkungan yang mampu mewujudkan tujan pendidikan  tersebut dan terkhir adalah merumuskan strategi penilaian atau evaluasi kurikulum. Pengembagan kurikulum pesantren dikembangkan sesuai  tujuan, isi, dan bahan belajar, sehingga dapat terwujud sesuai kebutuhan dan harapan. Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan dengan beriringan antara kurikulum pesantren dan kurikulum nasional. Bagian evaluasi kurikulum terbagi atas dua evaluasi yaitu evaluasi kurikulum dan evaluasi mata pelajaran untuk evaluasi kurikulum dilihat dengan empat aspek yaitu Aqidah, Ibadah, Akhlak, dan Muamalah. Sedangkan untuk evaluasi mata pelajaran masing-masing mempunyai aspek penilain setiap mata pelajaran dilakukan melalui ulangan harian dan ujian kompetensi berupa ujian tertulis, lisan dan praktik, dengan memanfaatkaan teknologi instrumen penilaian mata pelajaran diberikan kepada masing-masing guru dalam bentuk file.

Kata kunci:    Manajemen Kurikulum, Pesantren                                                                                   

 

Abstract:       The study learned about the Management of Islamic Boarding School Curriculum in the Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. The purpose of the study was to find out the form of Planning, Development, Implementation, and Curriculum Evaluation in the Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. The focus of the research is how curriculum management in the Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. The approach used in the study is a qualitative approach. Informants in the study were the headmaster, vice principal, and Teachers. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that curriculum planning is carried out at the center of LP2M, in planning things that are formulated are determining long-term, mid-term and short-term educational goals, then formulating curriculum content or determining subjects and objectives until the creation of an environment that is capable of realizing this education is to formulate an evaluation strategy or curriculum evaluation. Development of pesantren curriculum is developed according to the objectives, content, and learning material, so that it can be realized according to needs and expectations. The curriculum implementation is carried out in tandem with the pesantren curriculum and the national curriculum. The curriculum evaluation section is divided into two evaluations, namely curriculum evaluation and subject evaluation for curriculum evaluation seen with four aspects, namely Aqeedah, Worship, Morals, and Muamalah. Whereas for the evaluation of subjects each has aspects of assessing each subject through daily tests and competency tests in the form of written, oral and practical examinations, using the technology of subject assessment instruments given to each teacher in the form of files

Keywords:        Curriculum Management, Islamic Boarding School


Full Text:

PDF

References


Agus Sriwanto, (2014). Implementasi Kurikulum Manajemen Pendidikan di MTs Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra.

Arizal M.A, (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Basri, H., (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Pustaka Setia Bandung, Bandung.

Emzir, (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, ke 2. ed. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Fitri, A.Z., (2013). MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM [WWW Document]. URL http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3732/ (accessed 3.4.18).

Hasannah, M., (2012). Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Wajib Belajar Pendidikan 9 Tahun di Kabupaten Barito Kuala. Institut Agaam ISlam Negeri Antasari, Banjarmasin.

Iskandar Engku, (2012). Sejarah Pendidikan Islam. PT Rosdakarya, Bandung.

Maeroh Nawawee, (2016). Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Madinatujannah Jombang Tangerang Selatan.

Maknun, J., (2006). Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Boarding School Berbasis Keunggulan Lokal.

Moleong, L.J., (2015). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mustafah, J., (2015). Manajemen Pendidikan. Kencana, Bogor.

Mustari, M., (2014). Manajemen Pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nasution, (2008). Asas - Asas Kurkulum. BUMI AKSARA, Jakarta.

Nugroho, A., (2015). Manajemen Kurikulum di Sekolah Satu Atap (Studi Kasus di SMPN 6 Ungaran Satu Atap).

Oemar Hamalik, (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Qomar, M., (2005). Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratis Institusi. Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Rusman, (2008). Manajemen Kurikulum. Rajaawali Pers, Bandung.

Sugiyono, (2013). Metode Peneliatian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Suharsaputra, U., (2013). Administrasi Pendidikan. Refika Aditama, Kalapagunung.

Sulton & Khusnurdilo, (2005). Manajemen Pondok Pesantren. Diva Pustaka, Jakarta.

Triwiyanto, T., (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. BUMI AKSARA, Malang.

Zaenal, A., (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Permendiknas No.22/2006, Lampiran 3, Jakarta: Depdinas, 2006.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: xxxx-xxxx

p-ISSN: xxxx-xxxx

Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan

dipublikasikan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM 

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

Contak Person:

Jamaluddin

Email: [email protected]