UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI

Reski Amaliah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak:        Penelitian ini mengkaji tentang Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 2 Wajo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme gurunya, serta faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam meningkatan profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Wajo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dekskriptif. Unit analisis dalam peneltian ini adalah Kepala sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru dilakukan dengan 1) mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP/KKG,kegiatan ini dilakukan pada setiap jenjang jabatan, dalam kurung waktu 1 tahun guru dapat mengikuti kegiatan ini paling sedikit 12 kali pertemuan, dan iikuti dalam beberapa paket, kemudian setelah kegiatan di tindaklanjuti oleh kepala sekolah. 2)Melalui pendidikan dan pelatihan, kepala sekolah memberikan surat ijin belajar untuk guru yang ingin melanjutkan studinya dan merekomendasikan guru-guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan. 3)Pemberian motivasi kerja,kepala sekolah memberikan motivasi secara langsung dengan membeikan penghargaan berupa pujian dan secara tidak langsung dengan memberikan fasilitas penunjang pembelajaran. 4) Melalui  supervisi akademik. supervisi akademik yang dilakukan secara terstruktur dimulai dari perencanaan dengan menetapkan tujuan, pelaksanaan dengan kunjungan kelas, melakukan evaluasi dan tindaklanjut dengan membimbing langsung dan atau memberdayakan guru model. Faktor yang menjadi pendukung peningkatan profesionalisme guru terdiri dari pembinaan disiplin tenaga kependidikan, pemberian motivasi baik dalam rapat maupun pemberian secara individu dilingkungan sekolah, penghargaan berupa pujian. Faktor penghambat yaitu kurang daya inovasi ,ketidakpedulian terhadap berbagai perkembangan (masih ada beberapa guru yang menggunakan metode pembelajaran tradisonal).

Kata kunci:    Upaya Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.


Full Text:

PDF

References


Arikunto 2004. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ditya Media

Bafadal, Ibrahim. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Danim, Sudarwan. 2010. Profefesionalisasi Dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2013. Administrasi Dan Managemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Engkoswara. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hidayati, Neli. 2006. “Penelitian Oleh Neli Hidayati, Yang Berjudul Studi Kebijakan Pemerintah Tentang Standar Pendidik Serta Relevansinya Terhadap Peningkatan Profesionalitas Guru Pai.” Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo.

Indonesia, Presiden Republik. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”

Jasmani, Asf. 2010. Supervisi Pendidikan (Terobosan B Arifin, H. M. 1991. Kapita Selekta Pendidikan (Islam Dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara. Http://Catalog.Hathitrust.Org/Api/Volumes/Oclc/28764546.Html.

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lazwardi, Dedi. 2016. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 6 (2). Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Idaroh/Article/View/804.

Mena, Yandris, Ibrahim Bafadal, Dan Mustiningsih Mustiningsih. 2017. “Kemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru.” Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016 0 (0). Http://Pasca.Um.Ac.Id/Conferences/Index.Php/Gtk/Article/View/189.

Milles & Hubermen. 2012. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI- Press.

Mukhtar dan Iskandar. 2013. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi

Mulyasa, E,. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moleong,Lexy.J.2007. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: remaja Rosda Karya

Namsa, M. Yunus. 2006. Kiprah Baru Profesi Guru Indonesia: Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet. 1. Jakarta: Media Aktualisasi Pemikiran.

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 Tentang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Pemerintah 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto. 2010. Supervisi pendidikan dalam mewujudkan pendidikan yang optimal. Jakarta: mega angkasa.

Rifai, M. 2000 Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Jemmars.

Ristekdikti. 2016. “Sambut Hari Pendidikan Nasional, Abkin Cabang Wajo Selenggarakan Seminar Pendidikan.” Info-Iptek-Dikti, 30 April 2016

Sagala, S. 2012. Supervisi Pembelajaran. Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sahertian. 2000. Konsep Dasar dan tehnik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Siagian, Sondang,p.2001. Filsafat Administrasi. Jakarta. PT Gunung Agung.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabet.

Suhartono, Suparlan. 2015. Filsafat Admnistrasi Pendidikan Sebagai Jalan Lurus Mnenuju Tujuan Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

UU Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Dan Pengembangan Kompetensi Guru.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman. 2000. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahjosumijdo. 2011 Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zamroni, Ahmad. 2008. Peran Kepala Sekolah Se bagai Supervisor Pendidikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI (Studi Kasus Di Mtsn YAJRI Payaman Secang Magelang).


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 3 times

E-ISSN: 2721-1886

Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan dipublikasikan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

Contak Person: Jamaluddin

Email: apfipunm@unm.ac.id