ANALISIS RAPORT MUTU SEKOLAH DI SD NEGERI NO. 176 INPRES LENGKESE II KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR

Lisa Angreani Anangsya(1*), Muhammad Ardiansyah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.32082

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian raport mutu pada Standar Pengelolaan Pendidikan, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pencapaian raport mutu sekolah di SD Negeri No. 176 Inpres Lengkese II. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas tinggi, guru kelas rendah, dan operator. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, konsensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Raport mutu pada standar pengelolaan pendidikan terdapat empat indikator yang memperoleh capaian 4,77 dengan kategori menuju SNP 3. Perencanaan pengelolaan pendidikan yang menekankan pada pencapaian visi, misi, tujuan maupun rencana kerja sekolah yang selalu dikembangkan. Program pengelolaan meliputi pedoman pengelolaan sekolah, layanan kesiswaan yang perlu dilakukan peningkatan, kurangnya pendayagunaan bidang pendidik dan tenaga kependidikan, melaksanakan kegiatan evaluasi diri, peran masyarakat dan kemitraan sekolah, serta kurangnya pengelolan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Gaya kepemimpinan yang diterapkan adalah gaya kepemimpinan demokratis, kepala sekolah lebih dituntut untuk mengembangkan sekolah yang baik. Sistem Informasi Manajemen tidak sepenuhnya dikelola dengan baik karena keterbatasan sarana dan prasarana. Faktor pendukung diantaranya kepemimpinan kepala sekolah yang menyesuaikan situasi mampu mendorong bawahan bekerja dengan tupoksi sehingga produktivitas, disiplin dan kinerja guru menjadi tinggi sehingga berpengaruh pada proses pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya dalam pengelolaan pendidikan pada program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan dan pada bidang sarana dan prasarana serta keterbatasan sarana dan prasarana pada sistem informasi manajemen.


Keywords


Raport Mutu Sekolah, Standar Pengelolaan

Full Text:

PDF

References


Adelistia, P., Adriansyah, R. R., & Mustiningsih. (2020). Kurikulum Pendidikan Dan Pengembangan Kalender Akademik. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang, 5.

Cahyana, A. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Melalui Otonomi Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 109–117.

Darwis, A., & Mahmud, H. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1). https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.444

Djafri, N. (2020). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Kota Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(1).

Dullah, Y., & Munir, M. (2020). Manajemen Kesiswaan di SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Harapan Mulia Palembang. Studia Manageria, 2(1), 1–12.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 2.

Faishal Haq, M. (2017). Analisis Standar Pengelolaan Pendidikan Dasar dan Menengah. Journal EVALUASI, 1(1), 28.

Hasibun, M. (2016). Manajemen dasar, pengrtian dan masalah. PT. Bumi Aksara.

Parid, M., Laili, A., & Alif, S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. 2.

Peraturan Pemerinta Republik Indonesia No. 57. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 102501, 1–49.

Permendikbud. (2016). Permendikbud No. 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud, 1–18.

Permendikbud, N. 63 T. 2009. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 Tahun 2009 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Pasal 3 Ayat (2).

Permendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 634.

Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Human Resources Management To Improve. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 27–36.

Rusman, & Nanang. (2019). Analisis Kebutuhan Pelatihan Standar Penilaian Berbasis Data Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kota Makasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 25.

Sanjani, M. A. (2018). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Administrasi Pendidikan, 7(1), 75–83.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk penelitan yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). CV. Alfabeta.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 257 times | PDF view : 42 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.