PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Siti Hasri Ainun(1*), Sumarlin Mus(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.19440

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran supervisi akademik kepala sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2) untuk mengetahui gamabaran kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru terhadap kinerja guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini ex post facto dengan jumlah sampel 69 guru ditetapkan dengan Teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen melalui validitas ahli instrumen dengan cara uji coba instrument dengan validasi ahli. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran supervisi akademik kepala sekolah terlaksana dengan cukup baik dan kecenderungannya berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 89,04, (2) gambaran kinerja guru terlaksana dengan cukup baik dan kecenderungannya pada kategori sedang dengan rata-rata 89,16, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0.882 dapat diartikan bahwa 88,2% kinerja guru dipengaruhi supervisi akdemik kepala sekolah, sedangkan sisanya 11,8% dipenngaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Supervisi Akademik, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary H. Gunawan, Administrasi Sekolah (Jakarta : Rineka Cipta, 2011), h. 207.

Asmani, Jamal Ma'mur. 2012. Tips Efektif Suervisi Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Azwar, Syaifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Daryanto, Daryanto, dan Tutik Rachmawati. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Depdiknas.

Hasyim, Rustam, dan Mukhtar Yusup. 2017. Supervisi Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Ips Di Smp Negeri 2 Kota Ternate. EDUKASI. Vol.15 (1).

Istighfarotur, Rahmayani. 2010. Pendidikan Etika. Malang: UIN-Maliki Press.

Tika H. Moh. Pabundu, 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan Pertama, PT. Bhumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, A.Anwar Prabu.2009. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Muhtar. 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Misaka Galiza.

Mulyasa, Enco. 2012. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, Enco. 2003. Menjadi kepala sekolah profesional: dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, M Ngalim. 1992. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Riastuti, Dhanik. 2017. Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Guru PAI Terhadap Kinerja Guru PAI Di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sukoharjo. Tesis. Salatiga: Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A. 2010. Konsep dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media.

Sugiyanto. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Septiani, Farhatuni. 2018. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Muhammadiyah 2 Wonosobo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Negeri Raden Intan.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta, Bandung.

Suhardan, Dadang. 2014. Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsaputra, Uhar. 2018. Supervisi pendidikan Pendekatan Sistem Berbasis Kinerja. Bandung: PT Refika Aditama.

Soetjipto, dan Raflis Kasasi. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Renika Cipta.

Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suparlan (2006). Guru Sebagai Profesi, Yokyakarta: Hikayat Publishing

Suprihatiningrum, Jamil. 2012. Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Dengan Perbandingan perhitungan Manual &SPSS. 4. Jakarta: Kencana.

Winarsunu, Tulus. 2008. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Penelitian. Malang: UMM Press.


Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 61 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.