KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK

Ayu Fajrianti(1*), Arismunandar Arismunandar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.19165

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data peneliti yaitu Pengawas, Kepala Sekolah, 8 Guru yang bersertifikat pendidik dan Siswa, maupun Arsip di Ssekolah Menengaj Pertama Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, survei dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display, terakhir adalah tahap verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kinerja guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan mulai dari Aspek perencanaan pembelajaran menghasilkan, Tersedianya perangkat pembelajaran seperti Silabus dan RPP, guru lebih produktif dalam memperbaharui materi pembelajaran, ini membuktikan kinerja guru dari aspek perencanaan pembelajaran berjalan dengan baik. Aspek pelaksanaan pembelajaran menghasilkan, beban kerja minimal guru yang telah mencapai 24 jam per minggu dan kualifikasi akademik guru yang bersertifikat pendidik telah sesuai dengan syarat-syarat yang harus dimiliki guru bersertifikat pendidik, Dilihat dari segi kompetensi pedagogik telah menunjukkan kinerja guru bersertifikat pendidik telah berjalan dengan baik.


Keywords


Kinerja Guru, Sertifikasi Pendidik

Full Text:

PDF

References


Dewa, Made Dwi Kamayuda, 2015. Peningkatan Kinerja Guru dalam Menunjang Kesuksesan. ISPI Jawa Teng.2, 74.

Fadhilah, F., 2017.Analisis Kinerja Guru Bersertifikat Di SMA NEGERI 7 Bulukumba. Eklektika J. Pemikir. Dan Penelit. Adm. Pendidik. Vol. 5(38–54).

Hamzah B, Uno, 2016.Profesi Kependidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Haryono, 2012.Manajemen Peningkatan Profesionalisme Guru Pascasertifikasi. Dalam Httpbudisetyotypepadcom.

Indrawati, 2013.Peningkatan Profesionalisme Guru dan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Dalam Httppenelitian Tindakan Kelasblogspotcom.

Janawi, 2012.Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Alfabeta, Bandung.

Juarna Syafitri, 2018. Efektivitas Guru Bersertifikasi DI SMP N 2 Gebang Kabupaten Langkat. Medan.

Kompri,2017. Manajemen Pendidikan.Yokyakarta: ArRuz Media.

Kompri, 2015.Manajemen Pendidikan, 1st ed. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Kunandar, 2011.Guru Profesional, 7 Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lexy J. Moleong, 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Revisi. ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lukman, L.L., 2016. Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik. Manajer Pendidik. 10.

Matondang, Zulkifli. Dkk, 2017.Bahan Ajar PLPG Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Unimed, Medan.

Moleong, L.J., 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J., 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, Ali, 2013. Pendidik Profesional. Rajawali Pers, Jakarta.

Mulyasa, 2008.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 tahun 2007 pasal 1 dan 2.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Standar Proses

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008, n.d.. , Pemerintah Repub. Indones.

PP 19 Tahun 2017.pdf, n.d.

Rojai, dkk, 2013.Panduan Sertifikasi Guru Berdasarkan Undang-Undang Guru & Dosen. Dunia Cerdas, Jakarta.

Sagala, Syaiful, 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Sapto Edy Suprianto, 2015.Analisis pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan Di SMK Negeri 2 Sragen.TESIS. Program Studi Magister Adm. Pendidik. Univ. Muhamadiyah Surak.

Stevi Wanda, Veronika, 2018. Efektivitas kebijakan sertifikasi guru (suatu studi di SMA Negeri 1 Manado). J. Adm. Publik.

Sudirman & Agus Hakri Bokingo, 2017.Kinerja Guru Pasca Sertifikasi 31.

Sugiyono, 2011a.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________, 2011b. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________ 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sukono, 2015.Analisis Kinerja Guru IPS Pasca Sertifikasi di SMP Negeri Kota Tarakan 1, 49.

Supardi, 2016.Kinerja Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syafaruddin, 2008.Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafaruddin.Dkk, 2012.Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Pasal 10 ayat (1).

Undang-undang RI Pasal 31 Ayat 1-5 Tahun 1945, 2017.Sisdiknas & Peraturan-Pemerintah RI Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar. Ciputat kota Tangerang Selatan


Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 21 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.