Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri
(1) State University of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.12668
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Pare-Pare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 3 guru wali kelas 6. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Implementasi manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Pare-Pare menerapkan (1) pengelolaan fisik dan (2) pengelolaan siswa, Pengelolaan kelas yang bersifat fisik ini meliputi pengadaan AC (suhu ruangan) dan pengaturan intensitas cahaya, tempat duduk siswa, metode pembelajaran, media pembelajaran, tata tertib di dalam kelas dan lain-lain sebagai inventaris kelas. Pengelolaan siswa, Pengelolaan siswa yaitu berkaitan dengan pemberian stimulus dalam rangka membangkitkan dan mempertahankan kondisi motivasi siswa untuk secara sadar berperan aktif dan terlibat dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Manifestasinya dapat berbentuk kegiatan, tingkah laku, suasana yang diatur atau diciptakan oleh guru dengan memberikan stimulus kepada siswa seperti ikut serta berperan aktif dalam proses pendidikan dan pembelajaran secara penuh. Pengelolaan siswa yang meliputi membina dan membimbing siswa, menetapkan hubungan emosional, mempertahankan minat dan perhatian siswa dan disiplin di dalam kelas. Sedangkan faktor pendukung manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Pare-Pare adalah kondisi fisik kelas dan faktor penghambat dalam implementasi manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Pare-Pare adalah faktor keluarga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional, (2009). Bandung: Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia.
Gunawan. (2014). Metode Penelitian4 Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Jones. (2012). Manajemen Kelas Komprehensif. Jakarta: Kencana.
Mulyadi. (2009). Class Room Management. Malang: UIN-Malang Press.
Nawawi. (1989). Organisasi sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung
Nawawi. (2009). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Rohmad. (2009). Kapita Selekta. Jakarta: PT. Bina Ilmu.
Rukmana, A. Dan Suryana, A. (2006). Pengelolaan Kelas. Bandung. UPIPRESS
Rusyan. (1996). Proses Pembelajaran yang Efektif. Bandung: Bima Budhaya
Rusydie. (2011). Prinsip-prinsip Manajemen Kelas, Jogjakarta: Diva Press.
Sukarna. (2011). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju
Terry. (2005). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
UU RI No. 20 Tahun 2003, Bab II, Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wiyani. (2013). Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract view : 473 times | PDF view : 63 timesThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.