Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri

Nurul Hasanah(1*), Sitti Habibah(2),

(1) State University of Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.12668

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Pare-Pare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 3 guru wali kelas 6. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Implementasi manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Pare-Pare menerapkan (1) pengelolaan fisik dan (2) pengelolaan siswa, Pengelolaan kelas yang bersifat fisik ini meliputi pengadaan AC (suhu ruangan) dan pengaturan intensitas cahaya, tempat duduk siswa, metode pembelajaran, media pembelajaran, tata tertib di dalam kelas dan lain-lain sebagai inventaris kelas. Pengelolaan siswa, Pengelolaan siswa yaitu berkaitan dengan pemberian stimulus dalam rangka membangkitkan dan mempertahankan kondisi motivasi siswa untuk secara sadar berperan aktif dan terlibat dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Manifestasinya dapat berbentuk kegiatan, tingkah laku, suasana yang diatur atau diciptakan oleh guru dengan memberikan stimulus kepada siswa seperti ikut serta berperan aktif dalam proses pendidikan dan pembelajaran secara penuh. Pengelolaan siswa yang meliputi membina dan membimbing siswa, menetapkan hubungan emosional, mempertahankan minat dan perhatian siswa dan disiplin di dalam kelas. Sedangkan faktor pendukung manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Pare-Pare adalah kondisi fisik kelas dan faktor penghambat dalam implementasi manajemen kelas di SD Negeri 3 Unggulan Kota Pare-Pare adalah faktor keluarga.


Keywords


implementasi, manajemen kelas

Full Text:

PDF

References


Arsyad. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional, (2009). Bandung: Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia.

Gunawan. (2014). Metode Penelitian4 Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Jones. (2012). Manajemen Kelas Komprehensif. Jakarta: Kencana.

Mulyadi. (2009). Class Room Management. Malang: UIN-Malang Press.

Nawawi. (1989). Organisasi sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung

Nawawi. (2009). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Rohmad. (2009). Kapita Selekta. Jakarta: PT. Bina Ilmu.

Rukmana, A. Dan Suryana, A. (2006). Pengelolaan Kelas. Bandung. UPIPRESS

Rusyan. (1996). Proses Pembelajaran yang Efektif. Bandung: Bima Budhaya

Rusydie. (2011). Prinsip-prinsip Manajemen Kelas, Jogjakarta: Diva Press.

Sukarna. (2011). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju

Terry. (2005). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

UU RI No. 20 Tahun 2003, Bab II, Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiyani. (2013). Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 473 times | PDF view : 63 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.