PELAKSANAAN TUPOKSI LAYANAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i1.10155
Abstract
Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan tupoksi layanan tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 1 Makassar. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Tupoksi Layanan Tenaga Administrasi Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan di SMA Negeri 1 Makassar, 2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Tupoksi Layanan Tenaga Administrasi Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan di SMA Negeri 1 Makassar.Tujuandaripenelitianiniadalah: 1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Tupoksi Layanan Tenaga Administrasi Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan di SMA Negeri 1 Makassar, 2) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Tupoksi Layanan Tenaga Administrasi Bidang Kurikulum dan Kesiswaan Sekolah di SMA Negeri 1 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tupoksi pegawai administrasi bagian kurikulum telah memberikan pelayanan dengan baik. Pegawai administrasi bagian kurikulum melakukan tugas dan fungsinya dalam pembuatan jadwal pembelajaran, pembagian tugas guru, pembuatan RPP dansilabus, penginputan nilai dan mengerjakan semua yang berhubungan dengan kelengkapan administrasi kurikulum. Selanjutnya tupoksi pegawai administrasi bagian kesiswaan juga telah memerikan pelayanan dengan baik. Pegawai administrasi kesiswaan melakukan tugas dan fungsinya dalam kegiatan pengelolaan siswa mulai dari penerimaan siswa barus ampai dengan kelulusan dari sekolah. 2) Faktor pendukung pelaksanaan tupoksi layanan tenaga administrasi sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan yaitu pemanfaatan IT sebagai fasilitas pendukung, kepemimpinan kepala sekolah yang turut memberikan motivasi serta terjalinnya hubungan yang harmonis antar staf/pegawai. Kemudian faktor penghambat pelaksanaan tupoksi layanan tenaga administrasi sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan yaitu terdapat pegawai yang direkrut tidak sesuai dengan kompetensi terhadap bidang kerja administrasi dan kurangnya sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti ruang penyimpanan dokumen untuk membantu kelancaran proses pelaksanaan tupoksi layanan tenaga administrasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional, 2003: 9
Gunawan, H. Ary, 2002. Administrasi Sekolah, PT Rineka Cipta, Jakarta, hlm. 80
Himawan, Muammar, 2004.Pokok-Pokok Organisasi Modern. Bina Ilmu. Jakarta. hlm. 38
Kepmendiknas No. 053/U/2001 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan
Keputusan Menteri Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 Minimal Penyelenggaraan Persekolahan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah
Majid, Abdul, 2009. Perencanaan Pemebelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya
Moleong, Lexy J, 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
¬_____________, 2002.Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, hlm 89
Zainal, Nining Haslindah. 2008. Analisis Kesesuaian Tugas Pokok dan Fungsi dengan Kompetensi Pegawai pada Sekretariat Pemerintah Kota Makassar, (S1) Skripsi. Universitas Hasanuddin
Ratminto dan Winarsi, Atik Septi, 2005.Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Belajar, hlm 24
Sutikno, Sobry. 2012. Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Unggul: Holistica
Suryosubroto, 2004.Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta,
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemenrintah Nomor 19 Tahun 2005 Tetang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Menteri Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah
Permen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2012tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik.
Article Metrics
Abstract view : 326 times | PDF view : 55 timesPublished by:
Jurusan Administrasi Pendidikan
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
has been Indexed and Abstracted by:
Dedicated to:
This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.