MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI UNGGULAN

Syamsudar Syamsudar(1*), Arismunandar Arismunandar(2),

(1) Universitas negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i1.10074

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Pelayanan pada Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Di SD Negeri Pacinongang Unggulan Kab. Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan karakter di SD Negeri Pacinongang Unggulan Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Manajemen Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Di SD Negeri Pacinongang Unggulan Kab. Gowa menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter disusun dengan melibatkan kepala sekolah, guru dan komite sekolah khusus guru dalam merencanakan pendidikan karakter adalah dengan memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam silabus, RPP. Nilai-nilai karakter ini terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran untuk lebih detailnya guru-guru di SD Negeri Pacinongang Unggulan telah menyusun RPP dengan nilai karakter yang dikembangkan sesuai dengan mata pelajaran dan Kompetensi Dasar. (2) Guru mengimplementasikan  pendidikan karakter sesuai dengan RPP dan menggunakan metode dan media pembelajaran agar nilai-nilai karakter dalam setiap pembelajaran tercapai. (3) Penilaian dilaksanakan pada akhir pembelajaran melalui dua tahap penilaian yaitu tahap proses dan hasil. Pada tahap proses penilaian dilakakukan saat siswa mengikuti pembelajaran. Penilaian pencapaian pendidikan nilai budaya dan karakter didasarkan pada indikator, sedangkan untuk penilaian hasil dilakukan untuk mengukur sejauh  mana  pemahaman siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdulmuid, M (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pangging Mangkunegar.

Alben, A., 2006. Manajemen Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Ardiansyah, Asrori. 2011. Pengertian Manajemen Pembelajaran. Diakses dari http://www.majalahpendidikan.com/2011/05/artikel- pembelajaranpengertian.html pada tanggal 10 Januari 2019.

Gunawan, I., 2015. metode penelitian kualitatif metode dan praktik. Bumi Aksara, jakarta.

Hamalik, Oemar. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan dan karakter Budaya Bangsa. Jakarta.

Mulyasa. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Alfabeta.

Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 Tentang : Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan

Sigit, Dwi k. (2007). Pentingnya Pendidikan Moral bagi Anak Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Sukmadinata, N.S., 2016. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Suryobroto. (2011). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Udik Budi Wibowo, 2010. Pendidikan dari Dalam, Strategi Alternatif

Wina, Sanjaya. (2011). Perencanaan dan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winton. (2010). Konsep dan Model Pendidikan Karakter . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yahya, Khan. (Yogyakarta). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. 2010: Pelangi Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 24 times



Published by:

Jurusan Administrasi Pendidikan 

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Jl. Tamalate 1 Tidung Makassar, Indonesia

http://ap.fip.unm.ac.id/

has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar / Google Cendekia by AsikBelajar - AsikBelajar.Com  Index of /public/site/images/adelina_fitri

 

Dedicated to:

  

This is a website that publishes an open-access article distributed under a Creative Commons License Attribute-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.