PELATIHAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ANALISIS KEBUTUHAN SISWA BAGI GURU SEKOLAH DASAR
(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i1.9347
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas pelatihan pengembangan model pembelajaran berbasis analisis kebutuhan siswa bagi guru sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yakni eksperimen, dalam hal ini adalah quasi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini ialah 30 guru sekolah dasar yang bersedia untuk mengikuti pelatihan yang diberukan. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert serta wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskripif dan statistik inferensial dalam hal ini adalah paired sample t-test. Hasil analisis data pre-test dan post-test dengan menggunakan teknik paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai signfikansi sebesar (0.oo) lebih kecil dari (0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan mengenai kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 399 times | PDF view : 71 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Educational Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.