PELATIHAN KOMUNIKASI POSITIF BAGI GURU SEKOLAH DASAR BERBASIS TEORI KESOPANAN BERBAHASA

Mantasiah R(1*), Hasmawati Hasmawati(2), Yusri Yusri(3), Muhammad Anwar(4),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i1.9346

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektifitas  dari modul pelatihan komunikasi positif bagi guru sekolah dasar berbasis teori kesopanan berbahasa yang telah dikembangkan.  Jenis penelitian yang digunakan yakni eksperimen, dalam hal ini adalah quasi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini ialah 30 guru sekolah dasar yang diberikan pelatihan komunikasi positif selama 3 kali pertemuan.  Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert  serta wawancara dan observasi.  Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskripif dan statistik inferensial dalam hal ini adalah paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan mengenai pemahaman guru mengenai komunikasi positif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut membuktikan bahwa modul pelatihan yang dikembangkan effektif dalam meningkatkan pemahaman guru mengenai teknik komunikasi positif dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 383 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Educational Studies



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.