PENINGKATAN KUALITAS KINERJA SEKOLAH MELALUI PEMANFAATAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS KOLABORASI DENGAN PENDEKATAN SEDAYUNG TIPAT PUTER

Ninik Kristiani(1*),

(1) Pengawas SMA Kota Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i1.9344

Abstract


Tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui pemanfaatan supervisi pembelajaran berbasis kolaborasi dengan pendekatan sedayung tipat puter dapat meningkatkan kualitas kinerja sekolah meliputi (1) kompetensi supervisi kepala sekolah dan/atau tim supervisi, (2) kompetensi pedagogi guru, dan (3) terlaksananya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Data dikumpulkan selama 2 siklus dengan melakukan reduksi, interpretasi, inferensi, tindak lanjut, dan mengambil kesimpulan dari 3 kepala sekolah dan/atau tim supervisi pembelajaran dan 20 orang guru dari 3 sekolah penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS). Hasil penelitian adalah: (1) kompetensi supervisi pembelajaran kepala sekolah dan/atau tim supervisi meningkat, (2) kompetensi pedagogi guru meningkat, dan (3) terlaksana PKB yang ditandai dengan dihasilkannya 1 PTS (Penelitian Tindakan Sekolah), 1 penelitian eksperimen semu, danĀ  17 PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 319 times | PDF view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Educational Studies



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.