PENGEMBANGAN STRATEGI BLENDED-LEARNING PADA PERKULIAHAN BIOLOGI DASAR

Muhiddin Palennari(1*), Firdaus Daud(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi blended learning pada perkuliahan Biologi Dasar dalam bentuk media pembelajaran online. Penelitian ini termasuk penelitian deskrptif dengan pendekatan R & D. Pengembangan produk  berupa e-learning dilakukan dengan mengacu pada model instruksional ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA UNM  tahun akademik 2018/2019 pada mata kuliah Biologi Dasar. Data dikumpul dengan menggunakan lembar validasi dan angket. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian diperoleh media  e-learning mata kuliah Biologi Dasar yang telah divalidasi. Dengan demikian disimpulkan bahwa blended learning mata kuliah Biologi Dasar memenuhi kriteri validitas dengan kategori sangat valid dan praktis dengan alamat laman www.muhiddin.web.id. Dari hasil penelitian tersebut,disarankan kepada dosen-dosen agar dapat menggunakan e-learning dalam perkuliahan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i1.9343

Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Educational Studies



Published:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Jln. A.P.Pettarani, Gedung Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar Lantai 10.

Email  : [email protected]
Phone : +(62) 85255602827

Index: