PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BINAAN DALAM MENYUSUN RPPH MELALUI WORKSHOP DI GUGUS PAUD RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA

Nurjanna M(1*),

(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru binaan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) melalui workshop di gugus PAUD Rantepao, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam bentuk siklus yang berulang, di dalamnya terdapat empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan akhir rata-rata mengenai kompetensi guru dalam menyusun RPPH, setelah diberi tindakan ternyata optimalisai kompetensi tersebut baru mencapai  71%  tergolong “baik”, hal ini disebabkan karena ada beberapa komponen yang belum maksimal dicapai oleh guru antara kemampuan memahami komponen-komponen RPPH termasuk kompetensi dasar yang harus dituangkan pada penyusunan RPPH

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i1.9342

Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Educational Studies



Published:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Jln. A.P.Pettarani, Gedung Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar Lantai 10.

Email  : [email protected]
Phone : +(62) 85255602827

Index: