PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EGRA (EXPOSURE, GENERALIZATION, REINFORCEMENT, APPLICATION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4816
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai keefektifan model pembelajaran EGRA (Exposure, Generalization, Reinforcement, Application) dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IA SMA Negeri 2 Makassar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design (two grup pretest-posttest design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IA SMA Negeri 2 Makassar yang berjumlah 316 siswa dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak (random sampling) : siswa kelas XII IA 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XII IA 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th 3.068 > tt 1.997pada taraf alpha 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran EGRA (Exposure, Generalization, Reinforcement, Application) efektif dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IA SMA Negeri 2 Makassar.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 384 times | PDF view : 1549 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.