KEPOMATH GO “PENERAPAN KONSEP GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA”

Muhammad Takdir(1*),

(1) Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Wajo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4493

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran perlu diterapkan untuk mengakomodasi kebutuhan dan gaya belajar siswa di abad milenial. Metode KePoMath Go adalah proses gamifikasi dalam pembelajaran matematika dengan mengadopsi permainan pokemon go. Dalam metode KePoMath Go, ada tiga unsur gamifikasi yang diterapkan antara lain Petualangan (Misi), Tahapan (Stage),  dan Poin (Reward). Aplikasi yang digunakan dalam metode KePoMath Go antara lain pembuat barcode (Barcode generator) dan pemindai/ pembaca barkode (Barcode Scanner). Dari hasil respon siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan KePoMath Go telah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2655 times | PDF view : 2276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.