PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN CHARTA

Andi Tenri Ola Rivai(1*),

(1) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11778

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment  yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mahasiswa menggunakan media Macromedia Flash dengan media Charta pada konsep sistem peredaran darah di kelas VIII SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Control Group Design. Variabel yang diteliti yaitu variabel bebas berupa pembelajaran materi sistem peredaran darah dengan menggunakan media Macromedia Flash dan menggunakan media Charta, dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar Sampel  penelitian sebanyak 2 kelas yakni kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol yang diambil secara purposive. Data diperoleh melalui pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji-t dengan menggunakan program SPSS versi 22.0, nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,001  < α (0,05) dan membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah dengan menggunakan media Macromedia Flash dan media charta di kelas VIII SMP. Hasil belajar siswa dengan menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan charta.

 


Keywords


Hasil belajar; Macromedia Flash; Charta

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Arwira, T. M., Suyanti, R. D., & Saragi, D. (2019). The Effect of Problem Based on Learning Models Using Macromedia Flash and Motivation Against Student Learning Outcomes on Environmental Pollution Materials. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(4), 326–333. https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.623

Marnita, M., & Ernawati, E. (2017). The Use of Interactive Multimedia (Macromedia Flash) to Increase Creative Thinking Ability of Students in Basic Physics Subject. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 71–78. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i2.4603

Nurhasana, P. D., & Abdul Jabar, C. S. (2019). Developing Media of Social Science Learning Based Macromedia Flash to Increase Interest, Motivation and Learning Outcomes of Fourth Grade Elementary School. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4665

Putri, E., Syam, H., & Rais, M. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Kelas X Atp Di Smk Negeri 7 Majene. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 1(1), 106. https://doi.org/10.26858/jptp.v1i1.6224

Rivai, A. T. O. (2019). Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Peningkatan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, 7.

Sadiman, A.S., R. Rahardjo, Anung H., Rahardjito. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sanaky, H. AH. (2011). Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaubaba.

Susilana, R. dan Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 268 times | PDF view : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andi Tenri Ola Rivai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.