Analisis Kemampuan Menulis Modul Pembelajaran IPA Terpadu Mahasiswa Calon Guru IPA

Muhammad Aqil Rusli(1*), Nurhayani H. Muhiddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11777

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis modul pembelajaran IPA terpadu mahasiswa calon guru IPA Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM. Kemampuan tersebut dilihat dari hasil validasi dua orang ahli untuk menilai aspek format, isi, dan bahasa dalam penyusunan modul. Selain itu, akan dijelaskan aspek keterpaduan yang termuat dalam analisis tema penyusunan modul serta kesesuaian antara keterpaduan dengan model fragmented, connected dan nested. Subjek dalam penelitian ini adalah modul IPA terpadu berbasis keterampilan proses sains pada materi pokok cahaya dan alat optik yang telah dikembangkan oleh mahasiswa calon guru IPA Program Studi Pendidikan IPA. Berdasarkan penilaian dari dua orang pakar maka dapat disimpulkan bahwa modul tersebut layak digunakan sebagai modul pembelajaran IPA terpadu. Ditinjau dari kerangka analisis materi keterpaduan, terlihat bahwa seluruh materi telah didesain secara terpadu, meskipun tidak semua materi tersebut memiliki keterkaitan secara langsung dengan topik yang ditampilkan. Untuk keterkaitan dengan keterampilan proses sains, maka secara eksplisit telah memperlihatkan keterkaitan antara aspek pengetahuan dengan keterampilan proses sains, namun keterampilan sosial dan keterampilan mengorganisasikan data belum dituliskan secara eksplisit. Padahal model keterpaduan nested secara eksplisit mendeskripsikan setiap aspek keterampilan yang akan dipadukan.

 


Keywords


Modul IPA Terpadu;Connected; Nested

Full Text:

PDF

References


Dewi, K., Sadia, I W,. & Ristiati, N.P. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. Vol 3.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Fogarty, R. 1991. How to Integrate the Curricula. Illionis: Publish Inc

Ridho, S, Haryani S, Habibah N.A. (2014). Pengembangan moduli pa terpadu model webbed pada tema hama dan pestisida. Unnes science education journal. 3(3)(2014)

Wardani W., Nurhayati S., Pribadi T.A. (2014) Pengembangan modul IPA terpadu berpendekatan inquiry tema molekul kimia pada nutrisi tumbuhan. Unnes science education journal. 3(2)(2014)

Ningtyas A.E, Sumarni W., Christijanti W. (2014) pengembangan moduli pa terpadu berbasis sets dengan tema hujan asam untuk kelas VII SMP. Unnes science education journal. 3(1)(2014)

Fauzan A.A., Dewi N.R., Pamelasari S.D. (2014) Pengembangan modul IPA terpadu dengan pendekatan kontekstual pada tema cahaya bagi kehidupan. Unnes science education journal. 3(1)(2014)

Meiatun R.N.D, Susilo, Lisdiana. (2014). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis mastery and meaningful learning pada tema manfaat cahaya bagi kehidupan di SMP. Unnes science education journal. 3(1)(2014)

Prasetyowati R., Sudarmin, Kasmui. (2014). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis joyful learning dengan tema rokok dan kesehatan. Unnes science education journal. 3(1)(2014)

Arbai S.Z., Edie S.S., Pamelasari S.D. (2014) pengembangan moduli pa terpadu bermuatan mind mapping pada tema cahaya dan penglihatan untuk kelas VIII SMP/MTs. Unnes science education journal. 3(1)(2014)

Trisnawati O.R., Utami N.R., Widiyatmoko A. (2013) Pengembangan modul IPA terpadu tema penglihatan dengan model pembelajaran numbered heads together. Unnes science education journal. 3(1)(2013)

Rahayu, W.E, Sudarmin, (2015). Pengembangan moduli pa terpadu berbasis etnosains tema energi dalam kehidupan untuk menanamkan jiwa konservasi siswa. Unnes science education journal 4(2)(2015), 919-926


Article Metrics

Abstract view : 333 times | PDF view : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Aqil Rusli, Nurhayani H. Muhiddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.