Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Hybrid terhadap Keterampilan Menulis Informasi Siswa

Rahmawati Rahmawati(1*),

(1) SMA Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11775

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterampilan informasi siswa sebelum dan setelah menerapkan  model pembelajaran hybrid serta membuktikan pengaruh penerapan model pembelajaran hybrid terhadap keterampilan informasi siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar. Jenis Penelitian ini adalah pre-eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-postest. Penerapan model pembelajaran hybrid dalam pembelajaran keterampilan menulis informasi berpengaruh secara signifikan terhadap siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis statistik inferensial jenis uji –t independent samples test diperoleh nilai thitung sebesar -8,029 dan ttabel sebesar 2,024 karena nilai thitung > ttabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran hybrid dalam pembelajaran keterampilan informasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar.

 


Keywords


Model Pembelajaran Hybrid; Keterampilan Menulis Informasi; Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References


Gunansyah, G., Rachmadiyanti, P., & Subagiyo, F. M. (2018). Keterampilan Informasi Melalui Pembuatan Media Literasi. Publikasi Pendidikan, 8(1), 13-18.

Irnanda, K. F., Windarto, A. P., Damanik, I. S., & Gunawan, I. (2019, August). Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah. In Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) (Vol. 2, No. 1).

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019, February). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 905-910).

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 3(2), 21-27.

Prasetyo, D., Rosyidi, F. R., Rohmadi, R., Auliyani, U., & Handayani, S. (2018). Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Menurut Standar Kompetensi Literasi Informasi Association Of College & Research Libraries (ACRL). BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(1), 37-49.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Wahyuni, S., Rukmini, D., & Fitriati, S. W. (2018). Upaya Pengembangan Kecakapan Abad 21 Melalui Pelatihan Penerapan Teknik Pembelajaran Kolaboratif Bagi Para Guru Smpn 42 Semarang. SNKPPM, 1(1), 353-359.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmawati Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.