Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Soal Interaktif dan Power Point Berbasis ICT Pada Konsep Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan

Rosmawati Rosmawati(1*),

(1) SMA Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11774

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 1 Makassar Melalui Penggunaan Media Soal Interaktif dan PowerPoint  Berbasis ICT Pada Konsep Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research). Penelitian ini mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII3 sebagai subjeck penelitian yang berjumlah 40 orang yang diajar dengan menggunakan soal interaktif dan power point berbasis ICT. Untuk mendapatkan data, maka digunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan tes hasil belajar sebagai instrument penelitian, yakni berupa pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif yaitu untuk mengetahui skor dan pengkategorian hasil belajar siswa serta secara inferensial dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan soal interaktif berbasis ICT dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 69,05

Keywords


Soal interaktif dan power point berbasis ICT; motivasi belajar; hasil belajar IPA;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Akasara

Chasanah, R. N., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Influence Of The Use Of Interactive Learning Media On Students’ Higher Order Thinking Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(1), 26-35.

Dasilva, B. E., Ardiyati, T. K., Suparno, S., Sukardiyono, S., Eveline, E., Utami, T., & Ferty, Z. N. (2019). Development of Android-Based Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) with Scaffolding Learning Approach to Improve HOTS of high school students in Indonesia. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 659-681.

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint Dan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Retensi Memori Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V SD. JURNAL TEMATIK, 9(1), 19-27.

Hamalik, Oemar. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Heru, M., & Suparno, S. (2019). The Development of Reasoned Multiple Choice Test in Interactive Physics Mobile Learning Media (PMLM) of Work and Energy Material to Measure High School Students’ HOTS. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2).

Irwansyah, F. S., Yusuf, Y. M., Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2018, January). Augmented reality (AR) technology on the android operating system in chemistry learning. In IOP conference series: Materials science and engineering (Vol. 288, No. 1, p. 012068). IOP Publishing.

Moghavvemi, S., Sulaiman, A., Jaafar, N. I., & Kasem, N. (2018). Social media as a complementary learning tool for teaching and learning: The case of youtube. The International Journal of Management Education, 16(1), 37-42.

Swaramarinda, D. R. (2018). The usefulness of information and communication technology in entrepreneurship subject. Journal of Entrepreneurship Education, 21(3), 1-10.

Wijayati, E. S., Purnomo, Y. W., & Yusuf, Y. (2019). Comparison Of Higher Order Thinking Skills (Hots) Ability Between Students That Using Multifunctional Smart Board Media And Powerpoint Media. International Journal of Primary Education, 1(1), 23-37.

Zheng, B., Yim, S., & Warschauer, M. (2018). Social media in the writing classroom and beyond. The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, 1-5.


Article Metrics

Abstract view : 459 times | PDF view : 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rosmawati Rosmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.