PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA LAGU ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI RELIGIUS
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v3i1.30301
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, S. W. 2016. Penggunaan Media Lagu Anak dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 49–60.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ishak, S. 2014. Cara Menulis Mudah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kristanto, V. H. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Sleman: Deepublish.
Nurgiyantoro, B. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM press.
Pebriana, P. H. 2018. Pembelajaran Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Metode Sugesti Imajinatif pada Kelas V SDN 001 Salo. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(1), 1-7.
Putra, S. C., dan Bagiya. 2018. Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018. Surya Bahtera, 6(52), 377–384.
Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tantu, A. 2016. Keefektifan Metode Sugesti-Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Tesis. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trimantara, P. 2005. Metode Sugesti-Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis dengan Media Lagu. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(4), 1-15.
Wicaksono, A. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
Article Metrics
Abstract view : 288 times | PDF view : 112 timesCopyright (c) 2022 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License