KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 MAKASSAR

Sawalia Safitri(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i3.24000

Abstract


Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Makassar yang berjumlah 160 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total. Sampel penelitian ini sebanyak 40 orang siswa, 25% dari jumlah populasi yang terdiri dari kelas VII 2 sebanyak 21 orang siswa dan kelas VII 4 sebanyak 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis yakni tes penugasan menuliskan teks deskripsi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Makassar berada pada kategori cukup mampu dengan rentang nilai rata-rata 62,5.

Keywords


kemampuan, menulis teks deskripsi

Full Text:

PDF

References


Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hendrawan, D. N., dan Indihadi, D. 2019. Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57.

Jamal, Sherlina. 2018. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: FBS UNM.

Nuh, M. 2013. Menyemai Kreator Peradaban: Renungan Tentang Pendidikan, Agama, dan Budaya. Jakarta: Zaman.

Permanasari, D. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2).

Suparno dan Yunus, M. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yanti, N., Suhartono, S., dan Kurniawan, R. 2018. Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(1), 72-82.


Article Metrics

Abstract view : 436 times | PDF view : 150 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License