GAYA BAHASA PADA PUISI KARYA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 10 PINRANG (KAJIAN STILISTIKA)

Muhlisah Muhlisah(1*), Anshari Anshari(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i3.23995

Abstract


Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa Kelas X di SMA Negeri 10 Pinrang (Kajian Stilistika). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa perbandingan dan perulangan dalam puisi karya siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, baca simak, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa perbandingan yang digunakan siswa dalam penulisan puisinya yaitu perumpamaan, metafora, personifikasi, antitesis, pleonasme dan antisipasi. Adapun gaya bahasa perulangan yang digunakan siswa dalam penulisan puisinya yaitu aliterasi, asonansi, epizeukis, anafora, epistrofa, simploke, mesodiplosis dan anadiplosis. Secara keseluruhan dalam puisi karya siswa, penggunaan gaya bahasa perulangan lebih dominan dibanding penggunaan gaya bahasa perbandingan dan tidak semua jenis gaya bahasa perbandingan dan perulangan digunakan siswa dalam penulisan puisinya. Siswa dalam menuliskan karya puisinya sebagian besar masih menggunakan pilihan kata dan gaya bahasa yang sederhana, sehingga makna yang ingin disampaikan dalam puisinya dapat diketahui secara langsung.


Keywords


gaya bahasa, stilistika, puisi

Full Text:

PDF

References


Fikri, M. I. 2020. Analisis Gaya Bahasa Puisi Karya Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 01 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Literasi (No. 5, pp. 384-393).

Fitria, S. A., Priyadi, A. T., dan Syambasril, S. 2019. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Ismalinar, I., Hayati, A., dan Amelia, S. 2021. Analisis Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa Kelas X (Sepuluh) SMA Negeri 9 Kota Tangerang dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 2.

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Laila, M. P. 2016. Gaya Bahasa Perbandingan dalam kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M Aan Mansyur (Tinjauan Stilistika). Jurnal Gramatika, 2(2), 79994.

Lafamane, F. 2020. Kajian Stilistika (Komponen Kajian Stilistika). Https://osf.io/5qjm4.

Lestari, R. D., dan Aeni, E. S. 2018. Penggunaan gaya bahasa perbandingan pada kumpulan cerpen mahasiswa. Semantik, 7(1).

Suharningsih, I. (2018). Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Example Non Example Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(2).

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H. J. 2010. Pengkajian dan apresiasi puisi. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.


Article Metrics

Abstract view : 377 times | PDF view : 121 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License