ANAISIS DIKSI PERSUASIF PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI KABUPATEN SOPPENG

Riskadamayanti Riskadamayanti(1*), Muhammad Rapi Tang(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i3.23993

Abstract


Analisis Diksi Persuasif pada Iklan Layanan Masyarakat Protokol Kesehatan
Covid-19 di Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan
bentuk dan fungsi diksi persuasif pada iklan layanan masyarakat protokol kesehatan Covid-19
di Kabupaten Soppeng. Desain penelitian yang dilakukan yakni deskriptif kualitatif. Sumber
data dlam penelitian ini yakni sumber iklan-iklan layanan masyarakat terkait protokol
kesehatan Covid-19. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan teknik
dokumentasi serta pengamatan mendalam dari peneliti. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa bentuk bentuk diksi persuasif pada iklan layanan masyarakat protokol kesehatan
Covid-19 terdiri atas bentuk bahasa Indonesia, bentuk bahasa daerah Bugis, bentuk bahasa
asing Inggris, bentuk kelas kata verba, bentuk kelas kata adjektiva, bentuk kata pengimbuhan,
bentuk kata pengulangan. Adapun fungsi bentuk diksi persuasif pada iklan layanan
masyarakat


Keywords


diksi persuasif, iklan, protokol kesehatan

Full Text:

PDF PDF

References


Damayanti, R. 2018. Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka, 5 (3).

Djajasudarma, F. 2012. Wacana & Pragmatik. Bandung: PT Rifeka Aditama.

Handayani, R. 2016. Kebanggaan Masyarakat Sebatik Terhadap Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, dan Bahasa Asing: Deskripsi Sikap Bahasa di Wilayah Perbatasan. Ranah J. Kaji. Bhs, 5, 125-138.

Keraf, G. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Mello, A. D. 1997. The Heart Of The Enlightened: A Book Of Story Meditations. Glasgow: Fount Paperbacks.

Prihantini, A. 2015. Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Bentang: B first.

Rahayu, N. D. 2017. Analisis Diksi Persuasif dalam Iklan Barang-Barang Elektronik Daring di Youtube. Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 34 times PDF view : 6 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License