PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i3.23571
Abstract
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis karya tulis ilmiah dan mengkaji peningkatan hasil pembelajaran menulis karya ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah siswa MA Mizanul Ulum YW UMI Sanrobone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan penugasan. Data dianalisis dengan menggunakan deskriprif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa MA Mizanul Ulum YW-UMI Sanrobone. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil belajar siswa siklus 1 yang memperoleh nilai rata-rata yaitu 64 Meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djumingin, S. 2011. Strategi Dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Nurnaningsih, L. A. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot dengan Media Karikatur. Sarasvati, 2(2), 162-176.
Sardila, V. 2016. Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117.
Sudjana, N. 2020. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.
Wibowo, W. 2012. Tata Permainan Bahasa Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Rikobidik Antasena.
Article Metrics
Abstract view : 687 times | PDF view : 226 timesCopyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License