PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENULIS CERITA FANTASI

Herniyastuti Herniyastuti(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i2.23530

Abstract


Penerapan Metode Problem solving Untuk Meningkatkan Minat Belajar
Siswa dalam Menulis Cerita Fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanasitolo dalam menulis cerita
fantasi dengan menerapkan metode problem solving. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas dengan menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode
problem solving dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam menulis cerita fantasi. Hal ini,
dibuktikan berdasarkan peningkatan minat belajar pada siklus I dan siklus II.


Keywords


minat belajar, cerita fantasi, metode problem solving

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Elisah. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya.

Indriani, D. 2013. Peningkatan Minat Belajar Siswa Biologi serta Konsep Sistem Metabolisme Tubuh Manusia Melalui Model Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Jauhari. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mursitho. 2011. Mengajar dengan Sukses. Medan: Pustaka Tunasmedia.

Primasari, D. A. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan hasil Belajar Siswa Melalui Dengan Penggunaan metode Problem solving Dalam Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMP Negeri 1 Putra Pertiwi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sutikno. 2014. Metode serta Model Pembelajaran. Lombok: Holistica. Wardan, K. 2019. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Deepublish.


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 32 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License