PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID 19
(1) IAIN Pekalongan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i2.22289
Abstract
Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran daring selama tiga semester masa pandemi Covid 19. Penelitian ini membahas pilihan mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran di masa pandemi, media pembelajaran yang digunakan, serta masalah yang terjadi selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan melakukan survei terhadap mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan Angkatan 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: (1) bergesernya persepsi mahasiswa dan dosen selama perkuliahan di masa pandemi Covid 19dari perkuliahan luring menjadi daring; 2) media pembelajaran daring yang digunakan dan diminati adalah WhatsApp Grup, Google Classroom, Zoom/Google Meet, YouTube, dan Instagram; (3) Kesulitan yang dialami selama pembelajaran daring, yaitu sinyal yang sulit dan kemampuan mahasiswa yang berbeda dalam memahami materi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Chang, H. S. (2020). Online Learning in Pandemic Times. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(2Sup1), 111–117. https://doi.org/10.18662/rrem/12.2sup1/296
Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210
Dwivedi, Y. K., Hughes, D. L., Coombs, C., Constantiou, I., Duan, Y., Edwards, J. S., Gupta, B., Lal, B., Misra, S., Prashant, P., Raman, R., Rana, N. P., Sharma, S. K., & Upadhyay, N. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on information management research and practice: Transforming education, work and life. International Journal of Information Management, 55, 102211. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102211
Fermiska Silalahi, T., & Hutauruk, A. F. (2020). The Application of Cooperative Learning Model during Online Learning in the Pandemic Period. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(3), 1683–1691. https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1100
Hilaliyah, H. (2015). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Bahasa Indonesia dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116.
Kementerian Kesehatan. (2021). Program Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, Presiden Orang Pertama Penerima Suntikan Vaksin COVID-19. RI., Humas Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan. http://p2p.kemkes.go.id/program-vaksinasi-covid-19-mulai-dilakukan-presiden-orang-pertama-penerima-suntikan-vaksin-covid-19/
Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 188–195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259
Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik di pendidikan vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Riadi, S., Normelani, E., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal …, 2(2), 219–227.
Sari, W. P., Pramesti, D., & Kusuma, A. I. (2020). Student’s perception of online learning in pandemic. Proceeding “International Webinar on Education 2020,” 201–207.
Teräs, M., Suoranta, J., Teräs, H., & Curcher, M. (2020). Post-Covid-19 Education and Education Technology ‘Solutionism’: a Seller’s Market. Postdigital Science and Education, 2(3), 863–878. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00164-x
Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4), em0063. https://doi.org/10.29333/pr/7947
Wirartha, I. Made. (2006). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.
Article Metrics
Abstract view : 831 times | PDF view : 273 timesCopyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License