HUMOR DALAM WACANA DAKWAH ISLAMIYAH DI TRANS TV

Nurul Hasanah(1*), Andi Agussalim(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i2.21598

Abstract


Humor dalam Wacana Dakwah Islamiyah Di Trans TV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk humor dan fungsi fungsi humor dalam wacana dakwah Islamiyah di Trans TV. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam wacana dakwah islamiyah di Trans TV memiliki 4 bentuk humor, yaitu : bentuk humor pantun, humor akronim, humor sindiran, dan humor anekdot. Sedangkan fungsi humor memiliki 5 fungsi, yaitu: fungsi penghibur, fungsi memengaruhi, mengkritik, memberi motivasi, dan fungsi memberi informasi.

Keywords


humor, wacana dakwah islamiyah, retorika, Trans TV

Full Text:

PDF

References


Asyura, M., dan Effendy, C.2014. Makna dan Fungsi Humor dalam Kumpulan Cerita Abu Nawas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4).

Fatoni, U., dan Hartati, S. F. 2017. Dakwah dan Humor: Sisipan Pesan Dakwah dalam Program Siaran Humor Radio. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(01).

Hendrikus, P. D. W. 1991. Retorika, Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius.

Maghfiroh, N. 2018. Teknik humor dakwah KH. Imam Chambali dalam teori humor Goldstein dan McGhee di program padhange ati JTV. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pateda, M. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmanadji, D. 2009. Sejarah, Teori, Jenis, dan Fungsi Humor. Jurnal Penelitian Sastra.

Sawedi, Ikta. 2012. Humor dalam Bahasa Banggai. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Sudjiman, P. 1986. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia


Article Metrics

Abstract view : 306 times | PDF view : 117 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License