PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMPN 3 SIBULUE

Sartina Sartina(1*), Usman Usman(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i2.21596

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media audio visual terhadap menulis teks eksposisi siswa Kelas VIII SMPN 3 Sibulue Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-exsperimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yakni tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMPN 3 Sibulue berjumlah 51 orang dan sampel diambil dengan teknik total sampling. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian mengungkapkan media audio visual berpengaruh terhadap menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 3 Sibulue Kabupaten Bone.

Keywords


pengaruh, media audio visual, teks eksposisi

Full Text:

PDF

References


Hidayatullah, D. 2017. Pengaruh Media Audio Visual (Video Berita) Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 4 Tangerang Tahun Pelajaran 2015/2016 (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).

Jampel, I. N., dan Puspita, K. R. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3.

Natalia, D. S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).

Rosmaya, E. 2018. Pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok di SMP. DEIKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Windari, W. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Film terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).


Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 70 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License