APERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI YOUTUBE

Nurmasyitha Nurmasyitha(1*), Hajrah Hajrah(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19306

Abstract


Apersepsi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan tujuan apersepsi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia  di youtube. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kualitatif yang bersifat deskriptif. Fokus penelitian ini, yaitu bentuk apersepsi guru dan tujuan apersepsi. Sumber data penelitian adalah  video pembelajaran di media youtube. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui menyimak video pembelajaran di youtube, mengidentifikasi video pembelajaran, menyimpan video yang teridentifikasi, menentukan video yang menggunakan apersepsi, dan menganalisis berdasarkan panduan analisis data. Teknik analisis data pada penelitian ini, yakni transkrip data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa bentuk apersepsi guru yang ditemukan terdiri dari:  alfa zone, warmer, pre-teach, dan scene setting. Tujuan apersepsi yang ditemukan adalah permulaan (peninjauan kembali), membandingkan, dan penjelasan.

Keywords


guru, apersepsi, youtube

Full Text:

PDF

References


Armayanti, R. 2014. Keterampilan Guru dalam Melakukan Membuka dan Menutup Pembelajaran di SD Negeri 03 Hulu Palik Bengkulu Utara. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Al-Muwattho, F. P., Aminuyati, A., dan Okianna, O. 2018. Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).

Chatib, M. 2014. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Djamarah, S. B., dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, M. S. 2003. Organisasi dan motivasi dasar peningkatan produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih. 2013. Perbedaan Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Nurcahyo, J. 2014. Pengaruh Apersepsi Visual dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teori Proses Pembubutan Dasar di SMKN 2 Pengasih Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruhimat, Toto. 2017. Prosedur Pembelajaran. Bandung: UPI Press.

Saifudin, M. F. 2015. Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Diakses dari https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=9624485213403403635&hl=id&as_sdt=0,5&authuser=4.

Sunhaji, S. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2).


Article Metrics

Abstract view : 1131 times | PDF view : 337 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License