PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERBASIS MEDIA WEBTOON

Andi Aqzani Ramadhani(1*), Andi Fatimah Yunus(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19293

Abstract


Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Media Webtoon. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa model pembelajaran menulis teks cerita fantasi berbasis media webtoon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  model menulis teks cerita fantasi berbasis media webtoon menghasilkan kegiatan pembelajaran dalam sintaks yang terdiri dari: menyiapkan siswa untuk belajar, menjelaskan tujuan pembelajaran, melakukan pengamatan, pemberian rangsangan dan umpan balik, memberikan pelatihan, mempresentasikan hasil kegiatan pembelajaran, mengecek pemahaman, dan memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan. Sedangkan  uji ahli dan praktisi terhadap model pembelajaran menunjukkan kategori kelayakan.

Keywords


model pembelajaran, cerita fantasi, media webtoon

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. 1985. Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Gagne, R. M. 1985. The Condition of Learning Theory of Instruction. New York. Rinehart.

Indriani, M. S. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Cerita. Bali: Undiksha.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. 2009. Model’s of Teaching Edisi Delapan. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sultan. 2017. Model Bahan Ajar Membaca Kritis dengan Pendekatan Literasi Kritis di Perguruan Tinggi. Disertasi. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Zulkifli, M. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Makassar: Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 1687 times | PDF view : 554 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License