ANALISIS PERTANYAAN HOTS BUKU TEKS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMK/MAK KELAS X TERBITAN ERLANGGA

Nurina Suvina(1*), Ramly Ramly(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Analisis Pertanyaan HOTS Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Terbitan Erlangga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan mendeskripsikan wujud dan proporsi pertanyaan HOTS dalam buku teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan kutip. Teknik analisis datanya adalah statistik deskriptif. Peneliti mendeskripsikan data pertanyaan berdasarkan jumlah persentase sehingga tergambar wujud pertanyaan yang sesuai dengan Taksonomi Bloom Revisi Anderson dan Krathwohl, yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 60 pertanyaan HOTS dengan proporsi 38 pertanyaan menganalisis, 22 pertanyaan mengevaluasi, dan tidak ditemukan pertanyaan mencipta.

Keywords


pertanyaan, HOTS, buku teks

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., dan Krathwohl, D. R. 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Awaliyah, C. Y. R., Feronika, T., dan Agung, S. 2015. Analisis Pertanyaan pada Buku Teks Kimia Berdasarkan Question Category System for Science (QCSS). EDUSAINS, 7(1).

Djauhari, R. A. 2015. Analisis Buku Siswa Matematika SMP Ruang Lingkup Statistika dengan Kesesuaian Unsur–Unsur Karakteristik Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015.

Panggabean, D. R., Angreini, T., Lubis, J. R., dan Ansari, K. 2019. Analisis Soal Berbasis Hots (High Older Thinking Skills) dalam Buku Brilian (Buku Ringkasan Materi dan Latihan) Kelas XI SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2). FBS Unimed Press.

Muharni, L. P. J., Rahmah, A. N., dan Sugianto. 2019. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Buku Matematika Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika, 7(1).

Prasetyani, E., Hartono, Y., dan Susanti, E. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah Di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1).

Rofiah, E., Aminah, N., dan Ekawati, E. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(2).

Sainyakit, P. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Tinggi Melalui Pertanyaan Esai pada Buku Pathway to English Until SMA/MA Kelas XI Edisi Revisi 2017. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).

Sastrawati, E., Rusdi, M., dan Syamsurizal. 2011. Problem-Based Learning, Strategi Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tekno-Pedagogi, 1(2).

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., dan Pudjiastuti, A. 2019. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wardany, K., Sajidan, dan Ramli, M. 2015. Penyusunan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Pada Materi Ekosistem SMA Kelas X. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Yenusi, T., Mumu, J., dan Tanujaya, B. 2019. Analisis Soal Latihan pada Buku Paket Matematika SMA yang Bersesuaian dengan Higher Order Thinking Skill. Journal of Honai Math, 2(1).

Zaiturrahmi dan Fauziah. 2020. Analisis Tingkat Berpikir Kognitif pada Buku Bahasa Inggris Kelas XI. Jurnal Real Riset, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 35 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License