VARIASI PERLOKUSI DALAM CERPEN SANDALKARYA NURYANA ASMAUDI: SEBUAH TINJAUAN PRAGMATIK PERSPEKTIF LEECH

Mukhammad Lutfi(1*),

(1) Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author



Abstract


Variasi Perlokusi dalam Cerpen Sandal Karya Nuryana Asmaudi: Sebuah Tinjauan Pragmatik Perspektif Leech. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis variasi tindak tutur perlokusi yang ada di dalam cerpen "Sandal". Menurut Geofrey Leech terdapat 16 klasifikasi tindak tutur perlokusi. Pembagian tersebut, digunakan untuk menganalisis ujaran dalam cerpen "Sandal". Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data berasal dari dialog antar tokoh dalam cerpen tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan mencatat. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian ini ditemukan variasi tuturan perlokusi sebanyak 42 tuturan dengan perincian sebagai berikut:  9 tuturan get hearer think about, 6 tuturan bring hearer to do, 5 tuturan bring hearer to learn that, 4 tuturan distract, 3 tuturan impress, 3 tuturan relieve tension, 2 tuturan deceive, 2 tuturan embarras, 2 tuturan encourage, 2 tuturan persuade, 2 tuturan attrack attention, 1 tuturan frighten, 1 tuturan amuse.

Keywords


Leech, perlokusi, cerpen

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. 2020. Variasi Tindak Tutur Dalam Cerpen ‘Pispot’ Karya Hamsad Rangkuti. Jurnal Jubindo, 5(2).

Cummings, L., dan Setiawati, E. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dardjowidjojo, S. 2008. Psikolinguistik: Penganatar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Wijana, I. D. P. 2011. Semantik: Teori dan Analisis. Surakarta:Yuma Pustaka.

Karim, M. A., dan Erwhintiana, I. 2020. Pola Tutur Perlokusi Dalam Web Serie Di Balik Hati: Sebuah Tinjauan Pragmatik Perspektif Leech. Jurnal Pujangga, 6(2).

Leech, G. 2011. Prinsip-Prinsip Prakmatik. Jakarta: UI-Press.

Sayuti, S. A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Siswanto, V. A. 2012. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan/ Suharsaputra. Bandung: Refika Aditama.

Sumardjo, J. 2007. Menulis cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, W. 2015. Konsep Tindak Tutur Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 42 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License