GAYA BAHASA KOMIKA DALAM TAYANGAN STAND UP COMEDY DI YOUTUBE: ANALISIS GENDER

Kiki Reski(1*), Sultan Sultan(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19290

Abstract


Gaya Bahasa Komika dalam Tayangan Stand Up Comedy di Youtube: Analisis Gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud penggunaan gaya bahasa komika laki-laki dan komika perempuan dalam melakukan Stand Up Comedy di Youtube. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan berbentuk kata-kata atau kalimat yang mengandung gaya bahasa yang digunakan oleh komika laki-laki dan perempuan dalam melakukan Stand Up Comedy. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak, catat. Teknik analisis data dilakukan dengan cara identifikasi hasil transkrip data, klasifikasi data, dan deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan wujud penggunaan gaya bahasa komika laki-laki dan perempuan dalam melakukan Stand Up Comedy. Gaya bahasa yang digunakan komika laki-laki adalah gaya bahasa perbandingan, dan gayabahasa pertentangan. Sedangkan, gaya bahasa yang digunakan komika perempuan adalah gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, dan gaya bahasa perulangan.

Keywords


gaya bahasa, stand up comedy, gender

Full Text:

PDF

References


Assegaf, M. I. 2013. Gaya Bahasa dalam Parodi Stand Comedy Indonesia (Suci). Skripsi. Surabaya: Universitas Wijaya Putra.

Coulmas, F. 2005. Sociolinguistics: The Study of Speakers’ Choices. New York:Cambridge University Press.

Inderasari, E., dan Achsani, F. 2018. Gaya Bahasa Repetisi dan Perbandingan Serta Pesan Moral pada Lirik Lagu Genre Dangdut Koplo. Jurnal Gramatika, 4(2).

Keraf, Gorys. 1997. Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Lubis, M. S. 2017. Kemerdekaan Gaya Bahasa Raditya Dika Dalam Stand Up Comedy. Jurnal Education And Development, 4(3.

Ratna, N. K. 2017. Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Sari, C. F. 2012. Humor Dalam Stand Up Comedy (Kajian Tindak Tutur, Jenis, dan Fungsi) Diakses dari http://pdfcast.org/p f/skripsistand- upcomedy.

Satoto, S. 2012. Stilistika. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sumarsono dan Partana, P. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Tannen, D. 1991. You Just Don’t Understand: Women and Men in Conversation. New York: Ballantine Books.


Article Metrics

Abstract view : 1060 times | PDF view : 282 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License