PENGGUNAAN HONORIFIK TUTURAN JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL KABUPATEN BARRU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Lilis Lilis(1*), Muhammad Saleh(2), Azis Azis(3),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19283

Abstract


Penggunaan Honorifik Tuturan Jual Beli di Pasar Tradisional Kabupaten Barru dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kategori dan jenis penggunaan honorifik, faktor yang mempengaruhi penggunaan honorific, serta (3) implikasi penggunaan honorfik terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan jual-beli di pasar tradisional Kabupaten Barru yang menggunakan honorifik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, rekam, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga prosedur, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi data.  Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa (1) penggunaan honorifik dalam tuturan jual beli ditemukan dua kategori, yakni addressee honorific dan bystander honorific, (2) Penggunaan honorifk dalam tuturan jual beli didominasi oleh pengaruh faktor usia, suku, strata sosial, kekerabatan, situasi dan kondisi, jenis kelamin, budaya, sosial dan hubungan penutur, didominasi oleh faktor usia, dan (3) Penggunaan honorifik dalam tuturan jual beli berimplikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, yakni pembelajaran teks negosiasi yang dapat diimplementasikan sebagai bahan bacaan dan latihan kerja siswa dalam proses belajar mengajar.


Keywords


honorifik, faktor honorifik, dan implikasi honorifik

Full Text:

PDF

References


Agus, N. 2016. Bentuk Sapaan Bahasa Bugis Dalam Konteks Pragmatik Gender (The Form of Buginese Language Greeting in Gender Pragmatic Context). Sawerigading, 20(1).

Ahmadin, A., dan Sulfiah, S. 2020. Bentuk-Bentuk Honorifik dalam Berbahasa Ciacia. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 5(2).

Brown, S., dan Attardo, S. 2005. Understanding language structure, interaction, and variation: An introduction to applied linguistics and sociolinguistics for nonspecialists. University of Michigan Press ELT.

Comrie, Bernard. 2009. The Word's Major Languages. Routledge.

Creswell, J.W. 2011. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Eelen, 2001. Kritik Teori Kesantunan. Surabaya: Airlangga University Press.

Hymes, D. 1974. Foundation in Sociolinguistics. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.

Juanda, J., dan Azis, A. 2018. Wacana Percakapan Mappitu Etnis Bugis Wajo Sulawesi Selatan, Indonesia Pendekatan Etnografi Komunikasi. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(2).

Kridalaksana, H. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ningsih, Asti. 2012. Sistem Honorifik Bahasa Korea: Penghormatan terhadap Subjek, Mitra Tutur, dan Objek. Depok: Universitas Indonesia.

Syafruddin, S. 2012. Strategi Penyampaian Honorifik dalam Tindak Direktif Larangan Masyarakat Tutur Makassar. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 11(2).

Trosborg, Anna. 1995. Interlanguage Pragmatics: Request, Complaints, and Apologies. Berlin: Walter de Gruyer & Co.

Zaman, M. N. 2018. Ungkapan Honorifik Mutlak dalam Mengakomodasi Sapaan dan Verba Keislaman pada Novel Karya Okky Madasari. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 16(1).


Article Metrics

Abstract view : 399 times | PDF view : 179 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License