UNSUR BUDAYA HINDU PADA FOKLOR LUTUNG KASARUNG

Erna Megawati(1*),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19282

Abstract


Unsur Budaya Hindu Pada Foklor Lutung Kasarung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur sistem religi Hindu dalam foklor Lutung Kasarung dengan pendekatan antropologi sastra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa teks dongeng Lutung Kasarung yang berfokus pada unsur budaya. Data dikumpulkan dengan teknik catat yang berupa kata, frase, klausa, kalimat, paragraf, ataupun wacana yang terdapat dalam teks dongeng Lutung Kasarung. Data kemudian dianalisis dengan analisis isi (content analysis). Validitas penelitian dilakukan melalui peningkatan kecermatan dengan membaca ulang. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 9 tanda sistem religi Hindu pada dongeng Lutung Kasarung yang berupa ritual keyakinan, darma, hewan suci, dan inkarnasi.

Keywords


Hindu, dongeng, budaya

Full Text:

PDF

References


Bawono, Y. 2013. Peran Orangtua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Melalui Pemberian Dongeng Sejak Dini. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3981/A15.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Endraswara, S. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Irawan, W., Mahyudi, J., dan Sukri, M. 2018. Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Teks Nggahi Dana Pada Masyarakat Dompu: Suatu Pendekatan Arketipel-Pragmatik. Lingua: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 15(2).

Kanzunnudin, M. 2012. Peran sastra dalam pendidikan karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Pendidikan untuk Kejayaan Bangsa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Khotimah, K. 2016. Unsur Budaya dan Kearifan Lokal Novel Dasamuka Karya Junaedi Setiyono dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA (Kajian Antropologi Sastra). PBSI-FKIP. Diakses dari http://repository.umpwr.ac.id:8080/bitstream/handle/123456789/1914/122110159-Khusnul Khotimah.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Kluckhohn, C. 1953. Universal categories of culture. Anthropology Today. Chichago: University Press.

Koentjaraningrat, K. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kom, M. 2017. Hubungan Pemahaman Siswa Tentang Lahir Dan Berkembangnya Agama Hindu-Budha Di Indonesia Dengan Muncul Dan Berkembangnya Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia di Kelas XI SMK NEGERI 3 Sibolga Oleh: Delima Sari Panggabean. Jurnal Pendidikan IPS, 1(IIg).

Kramsch, C., dan Widdowson, H. G. 1998. Language and Culture. Oxford: Oxford University Press.

Rahmah, Y. 2007. Dongeng Timun Emas (Indonesia) dan Dongeng Sanmai No Ofuda (Jepang) (Studi Komparatif Struktur Cerita Dan Latar Budaya). Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Ratna, I. N. K. 2004. Teori, Metode & Teknik Penelitan Sastra: Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme: Perspektif Wacana Naratif. Pustaka Pelajar: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, A. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiawan, F. 2013. Peninggalan Kebudayaan Masa Klasik (Hindu-Budha) di Kabupaten Wonosobo Sekitar Abad VII-IX. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sn, R. F. S., Kreatif, F. I., dan Interior, P. D. 2016. Konsep Dasar Asimilasi & Akulturasi dalam Pembelajaran Budaya. Diakses dari https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=+Konsep+Dasar+Asimilasi+%26+Akulturasi+dalam+Pembelajaran+Budaya.&btnG=.

Spencer-Oatey, H. 2012. What is culture? A Complication of Quotations. GlobalPAD Core Concepts. Diakses dari http: //www.warwick.ac.uk/globalpadintercultural.

Supriatna, E. 2016. Transformasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Religi dan Budaya untuk Menumbuhkan Karakter Siswa. Atikan, 2(1).

Talitha, S., dan Rosdiana, R. 2020. Unsur Budaya Lokal dalam Teks Deskripsi Mahasiswa. Proceedings Universitas Pamulang, 1(2.

Van Zanten, W. 2016. Some Notes On The Pantun Storytelling Of The Baduy Minority Group: Its Written And Audiovisual Documentation. Wacana, 17(3).

Winata, M. N., dan Waluyanto, H. D. 2014. Perancangan Buku Cerita Bergambar Adaptasi Legenda Lutung Kasarung. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4).


Article Metrics

Abstract view : 586 times | PDF view : 213 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License