PENGARUH MEDIA VIDEO BUDAYA LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP

Nurnanengsi Nurnanengsi(1*), Nurhusna Nurhusna(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra,Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra,Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v1i3.15194

Abstract


The Influence of Local Culture Video Media on the Ability to Write Descriptive Texts of Class VII Junior High School Students. This study aims to determine the effect of local cultural video media on the ability to write descriptive texts of seventh grade students of SMP Negeri 3 Bissappu, Bantaeng Regency. The research method used in this research is pre-experimental design with One Group Pretest-Postest Design research design. The data collection technique is a test which is divided into pretest and postest. Data analysis used descriptive statistics and inferential statistics. The results showed that there was an influence between local cultural video media on the ability to write descriptive text for seventh grade students of SMP Negeri 3 Bissappu, Bantaeng Regency.

Keywords


video media, local culture, descriptive text

Full Text:

PDF

References


Al-Fasyi, M. C. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta

Anshor, S. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Lampung.

Arsyad, A. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Candrawati, S., Rohmadi, M., dan Wardhani, N. E. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII Mts Negeri Surakarta II. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 3(2), 53-64.

Hardianti dan Wahyu, K.A. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri II Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing, 1(2): 123-130.

Kosasih, E. 2006. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusatraan. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nuryanto, H. D. 2015. Pengaruh Media Video terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Permanasari, D. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2):156-162.

Yunus, H. S. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas V di SDN 63 Kota Timur Kota Gorontalo.Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.


Article Metrics

Abstract view : 440 times | PDF view : 73 times

Copyright (c) 2020 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License