HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GAWAI DENGAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMKN 6 PANGKEP

Nurannisa Dwisahrah(1*), Sulastriningsih Djumingin(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra,Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra,Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v1i3.15188

Abstract


The relationship between the use of gadgets and the students' interest in learning Indonesian at SMKN 6 Pangkep. This study aims to determine how much the relationship between device use and students' interest in learning Indonesian. Determination of the sample using the Total Sampling technique. Data collection was carried out using a questionnaire. Data analysis used Product Moment analysis with the help of the Statistical Package for Social Science (SPSS) data processing program. The results showed that there was a significant relationship between the intensity of the use of the device and the students' interest in learning Indonesian at SMK Negeri 6 Pangkep.


Keywords


use of gadgets, interest in learning, Indonesian

Full Text:

PDF

References


Azzahra, F. 2019. Hubungan antara Intensitas Penggunaan Gadget dengan Prestasi belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Etnanta, Y. C., dan Irhandayaningsih, A. 2017. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371-380.

Saan, I. M. 2012. Pemanfaatan Teknologi Web Sebagai Media Interaktif dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 32-38.

Rangkuti, D. M. 2018. Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gawai dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun akademik 2017-2018. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Rohmah, C. O. 2017. Pengaruh Penggunaan Gawai dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ruddamayanti, R. 2019. Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 (01), 1193-1202.

Saruji, M. A. M., Hassan, N. H., dan Drus, S. M. 2017. Impact of ICT and electronic gadget among young children in education: A conceptual model. In Proceedings of the 6th International Conference on Computing and Information, Kuala Lumpur, 25-27.

Savitri, E. P. 2018. Hubungan Penggunaan Gawai dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Semester II Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sholehah, M. U. 2018. Studi Hubungan Kebiasaan Menggunakan Gadget dengan Prestasi Belajar Santri Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusra, Y. 2016. Juni 16. Ericsson: Pengguna Smartphone di Indonesia Kini Capai 38 Persen.


Article Metrics

Abstract view : 1064 times | PDF view : 124 times

Copyright (c) 2020 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License