PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA LAGU BUGIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA

Peggi Melati Rudini(1*), Sultan Sultan(2), Andi Agussalim AJ(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v1i3.15186

Abstract


The Effect of Bugis Song Media Utilization on the Short Story Writing Ability of Class XI SMA. This study aims to describe the results of learning to write short stories for class XI students of SMA Negeri 2 Pinrang before and after using Bugis song media, and to prove the effect of using Bugis song media on the ability to write short stories of class XI students of SMA Negeri 2 Pinrang. This type of research is pre-experimental, with the One Group pretest-posttest research design. The data analysis technique used is descriptive statistics and inferential statistics. The results showed that the students 'ability to write short stories before using Bugis song media was categorized as quite capable, after using Bugis song media was categorized as quite capable, and the use of Bugis song media had an effect on the students' ability to write short stories.


Keywords


influence, Bugis song media, short story writing

Full Text:

PDF

References


Candrawati, S., Rohmadi, M., dan Wardhani, N. E. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII Mts Negeri Surakarta II. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 3(2), 53-63.

Fitriani, F., dan Kurniawati, W. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa melalui Penggunaan Media Lagu Daerah Sumbawa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sman 1 Sekongkang. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 24-29.

Jumaryatun, J. 2013. Penggunaan media lagu sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis cerpen. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(3), 53-64.

Lin, Z. P. 2015. Deskripsi Pembelajaran Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas XI MIA SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Manik, R. L. 2016. Pengaruh Media Lagu terhadap Kemampuan Menulis Cerpen oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kerajaan Pakpak Bharat Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Suciana, I. L. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Lagu terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kediri. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sukistino. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen menggunakan Pendekatan Berbasis Teks dengan Metode Cerpen-Gram untuk Siswa SMP/MTS Kelas IX. Tesis. Universitas Lampung.

Triana, V. 2017. Keefektifan Media Lagu Pembelajaran terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tembok Luwung 01 Adiwerna Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Umar, U. 2017. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.

Wahyuningtyas, R. N., Maryaeni, M., dan Roekhan, R. 2016). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan konversi teks untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1330-1336.


Article Metrics

Abstract view : 376 times | PDF view : 36 times

Copyright (c) 2020 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License