ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS JENIS TUNARUNGU

Rahmawati Rahmawati(1*), Idawati Idawati(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v1i1.12393

Abstract


Analysis of Learning Media for Children with Special Needs of the Deaf Type. This study studies describing the use of Indonesian language learning media for children with special needs as Deaf, and describing the interaction of the media used in learning Indonesian. This type of research is a qualitative descriptive study. The data in this study are the media in learning Indonesian language for Deaf children of class IX SMPLB-B YPPLB Makassar. The results showed that: the use of learning media for children with hearing impaired special needs in learning Indonesian in accordance with the characteristics of deaf children and the material to be discussed is the procedure text. Learning media, such as powerpoint media, whiteboard media, print media (loose sheets) and visual media that are not projected (pictures). While the use of these media is (1) activating students in learning, (2) students are responsive, (3) the media used are in accordance with the characteristics of Deaf children, and (4) achievement of learning goals that have not been maximized.

Keywords


learning, deaf, learning media

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, Muljono dan Sudjadi S. 1994. Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Depdikbud.

Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penertbit UNM.

Arifah, Ifah. 2014. Pelaksaanaan Pembelajaran Bagi Siswa Tunagrahita di Kelas 5 SD Gunungdani, Pengasih, Kulon Progo. Skripsi UNY FIP.

Arifianto, Perdana Nur dan Zaini Sudarto. 2014. Penggunaan Media Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Anak Tunarungu Di SLB-AB Kemala Bhayangkari 2 Gresik”. Jurnal pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan: UNESA. Tersedia di: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/viewFile/10462/10190 (Diakses 29/06/2019)

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Fitria, Yenni. 2013. Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Pascasarjana (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Bengkulu. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Nugraheni dkk. 2016. Studi Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Berkesulitan Menulis (Dysgraphia) di SD Intis School Yogyakarta. Jurnal Literasi, 7 (2):1-10.

Oktorina, Fifta. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Tuna Grahita Kelas Vi Slb Negeri Kota Bengkulu Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal. At-Ta’lim, Vol. 16, No. 1: 179. Tersedia di: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php (Diakses 29/06/2019) Yuni Beatrix dan Widodo Budhi. 2018. “Pengaruh Media Visual Grafis Terhadap Pencapaian Pembelajaran Fisika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON. Volume 5, Nomor 1. Tersedia: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php (Diakses 29/06/20Rosalina,

Pantas, Maria Ermin. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bangun Ruang Melalui Media Komputer pada Anak Tunarungu Kelas I di SDN Inkusi Tempurejo 04 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan: UNESA. Tersedia di: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/viewFile/6934/7542 (Diakses 29/06/2019)

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sensus, Agus Irawan. 2016. Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu Kelompok Kompetensi C. Bandung. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Suhaeri HN dan Purwanta, Edi. 1996. Bimbingan Konseling Bagi Anak Luar Biasa. ...: Depdikbud.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 1576 times | PDF view : 145 times

Copyright (c) 2020 Rahmawati Rahmawati

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License