ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS JENIS TUNARUNGU
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v1i1.12393
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrachman, Muljono dan Sudjadi S. 1994. Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Depdikbud.
Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penertbit UNM.
Arifah, Ifah. 2014. Pelaksaanaan Pembelajaran Bagi Siswa Tunagrahita di Kelas 5 SD Gunungdani, Pengasih, Kulon Progo. Skripsi UNY FIP.
Arifianto, Perdana Nur dan Zaini Sudarto. 2014. Penggunaan Media Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Anak Tunarungu Di SLB-AB Kemala Bhayangkari 2 Gresik”. Jurnal pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan: UNESA. Tersedia di: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/viewFile/10462/10190 (Diakses 29/06/2019)
Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Fitria, Yenni. 2013. Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Pascasarjana (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Bengkulu. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017.
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Nugraheni dkk. 2016. Studi Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Berkesulitan Menulis (Dysgraphia) di SD Intis School Yogyakarta. Jurnal Literasi, 7 (2):1-10.
Oktorina, Fifta. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Tuna Grahita Kelas Vi Slb Negeri Kota Bengkulu Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal. At-Ta’lim, Vol. 16, No. 1: 179. Tersedia di: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php (Diakses 29/06/2019) Yuni Beatrix dan Widodo Budhi. 2018. “Pengaruh Media Visual Grafis Terhadap Pencapaian Pembelajaran Fisika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON. Volume 5, Nomor 1. Tersedia: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php (Diakses 29/06/20Rosalina,
Pantas, Maria Ermin. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bangun Ruang Melalui Media Komputer pada Anak Tunarungu Kelas I di SDN Inkusi Tempurejo 04 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan: UNESA. Tersedia di: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/viewFile/6934/7542 (Diakses 29/06/2019)
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sensus, Agus Irawan. 2016. Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu Kelompok Kompetensi C. Bandung. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Suhaeri HN dan Purwanta, Edi. 1996. Bimbingan Konseling Bagi Anak Luar Biasa. ...: Depdikbud.
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Article Metrics
Abstract view : 1574 times | PDF view : 144 timesCopyright (c) 2020 Rahmawati Rahmawati
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License