ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS JENIS TUNARUNGU

Rahmawati Rahmawati(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Analisis Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Tunarungu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia anak berkebutuhan khusus jenis Tunarungu, dan mendeskripsikan pengaruh media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia anak berkebutuhan khusus jenis Tunarungu. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah media dalam pembelajaran bahasa Indonesia anak Tunarungu kelas IX SMPLB-B YPPLB Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan media pembelajaran anak berkebutuhan khusus jenis Tunarungu dalam pembelajaran bahasa Indonesia yakni sesuai dengan karakteristik anak tunarungu dan materi yang akan diajarkan yaitu teks prosedur. Media pembelajaran tersebut, berupa media powerpoint, media pajang (papan tulis), media cetakan (lembaran lepas) dan media visual yang tidak diproyeksikan (gambar). Sedangkan pengaruh dari penggunaan media tersebut yaitu (1) mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, (2) siswa menjadi tanggap, (3) media yang digunakan sesuai dengan karakteristik anak Tunarungu, dan (4) tercapainya tujuan pembelajaran walaupun belum maksimal.

Keywords


pembelajaran, tunarungu, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, Muljono dan Sudjadi S. 1994. Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Depdikbud.

Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penertbit UNM.

Arifah, Ifah. 2014. Pelaksaanaan Pembelajaran Bagi Siswa Tunagrahita di Kelas 5 SD Gunungdani, Pengasih, Kulon Progo. Skripsi UNY FIP.

Arifianto, Perdana Nur dan Zaini Sudarto. 2014. Penggunaan Media Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Anak Tunarungu Di SLB-AB Kemala Bhayangkari 2 Gresik”. Jurnal pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan: UNESA. Tersedia di: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/viewFile/10462/10190 (Diakses 29/06/2019)

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Fitria, Yenni. 2013. Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Pascasarjana (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Bengkulu. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Nugraheni dkk. 2016. Studi Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Berkesulitan Menulis (Dysgraphia) di SD Intis School Yogyakarta. Jurnal Literasi, 7 (2):1-10.

Oktorina, Fifta. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Tuna Grahita Kelas Vi Slb Negeri Kota Bengkulu Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal. At-Ta’lim, Vol. 16, No. 1: 179. Tersedia di: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php (Diakses 29/06/2019) Yuni Beatrix dan Widodo Budhi. 2018. “Pengaruh Media Visual Grafis Terhadap Pencapaian Pembelajaran Fisika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON. Volume 5, Nomor 1. Tersedia: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php (Diakses 29/06/20Rosalina,

Pantas, Maria Ermin. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bangun Ruang Melalui Media Komputer pada Anak Tunarungu Kelas I di SDN Inkusi Tempurejo 04 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan: UNESA. Tersedia di: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/viewFile/6934/7542 (Diakses 29/06/2019)

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sensus, Agus Irawan. 2016. Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu Kelompok Kompetensi C. Bandung. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Suhaeri HN dan Purwanta, Edi. 1996. Bimbingan Konseling Bagi Anak Luar Biasa. ...: Depdikbud.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 34 times

Copyright (c) 2020 Rahmawati Rahmawati

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

ISSN registered in:

e-ISSN: 2720-9377 (Online)

p-ISSN: 2722-2349 (Cetak) 

Indexed by

     

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License