PENGARUH METODE SUGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA

Nur Asmayani Tamsir(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengaruh Metode Sugestopedia dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan: Mendeskripsikan kemampuan menulis siswa sebelum menerapkan metode sugestopedia dan setelah menerapkan metode sugestopedia. (3) Mengetahui pengaruh metode sugestopedia pada pembelajaran menulis puisi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen menggunakan teknik tes, yaitu tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum menerapkan metode sugestopedia (pretest) adalah dikategorikan cukup. (2) Nilai rata-rata yang diperoleh setelah menerapkan metode sugestopedia (posttest) dikategorikan tinggi. (3) metode sugestopedia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis puisi.

Keywords


sugestopedia, menulis, puisi

Full Text:

PDF

References


Bursan, Ilham Zulhidayat. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba Kabupaten Bulukumba Melalui Strategi Pembelajaran Sugestopedia. Jurnal Pena, 1 (1): 94-105.

Rahayu, Sri Utami. 2014. Penungkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X Program Ilmu Bahasa-Bahasa (IBB) SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Metode Sugestopedia. NOSI, 2 (5): 96-102.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Simaremare, Rumasi. 2010. Problematik Bahan Ajar dalam Pembelajaran Sastra yang Berorientasi Pada Respons Pembaca. Diakses dari Internet, Februari 2019, http://Digilib.Unimed.ac.id/Eprint/459.

Usman. 2017. “Bahan Ajar Sastra Anak Berbasis Pendidikan Karakter (Studi Pengembangan Di SD Inpres Hartadi Indah Makassar)”. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs.

Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 3 times

Copyright (c) 2020 Nur Asmayani Tamsir

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

ISSN registered in:

e-ISSN: 2720-9377 (Online)

p-ISSN: 2722-2349 (Cetak) 

Indexed by

     

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License