ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU: PENDEKATAN SEMIOTIK PEIRCE

Ahkwan Setiawan(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Analisis Nilai Pendidikan Moral Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu: Pendekatan Semiotik Peirce. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan moral dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dengan menggunakan teori Peirce yakni berdasarkan ikon, indeks, dan simbol. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah pernyataan atau kutipan teks yang mengandung nilai pendidikan moral berdasarkan ikon, indeks, dan simbol. Sumber data penelitian ini adalah novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dengan tebal 426 halaman, diterbitkan pertama kali oleh Republika. Pengumpulan data penelitan menggunakan teknik baca, teknik catat dan verbatim. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah terdapat nilai pendidikan moral berwujud penanda ikon: menghargai prestasi, bersahabat; penanda ikon topologis: religius, jujur, peduli sosial, demokratis, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab, cinta damai, peduli lingkungan, dan kerja keras. Nilai amoral yang ditemukan yaitu: tidak cinta damai, berjudi, mencuri, mencopet.

Keywords


pendidikan moral, novel, semiotika pierce

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2002. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.

Aziez, Furqonul & Hasim, Abdul. 2010. Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Eco, Umberto. 2009. Teori Semiotika Signifikasi Komunikasi, Teori Kode, serta Teori Produksi Tanda. Diterjemahkan oleh Inyiak Ridwan Muzir. Bantul: Kreasi Wacana.

Haricahyono, Cheppy. 1995. Dimensi-dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP Semarang Pers.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Kesuma, Dharma., Cepi, Triatna., & Johar, Permana. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Liye, Tere. 2009. Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Jakarta: Republika.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moloeng, Lexy j. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Nensilianti. 2006. Sastra Nusantara. Makassar: Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM.

Rasjidi, H.M. 1984. Persoalan-persoalan Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang.

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Setyawati, Elyna. 2013. Analisis Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar (Pendekatan Pragmatik). Yogyakarta: UNJ.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Pasal 1 Butir 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wellek, Renedan Austin Warren. 1988. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wiyatmi, 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.

Yahya, Muhammad. 2016. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP. Makassar: UNM.

Zaimar, Okki K.S. 2008. Semiotik dan Penerapannya dalam Karya Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Zoest, Aart Van. 1996. Interpretasi dan Semiotika, dalam Panuti Sudjiman dan Aart Van Zoest (Eds.), Serba-serbi Semiotika (hlm. 6). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 186 times | PDF view : 36 times

Copyright (c) 2020 Ahkwan Setiawan

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License