Peningkatan Profesionalisme Guru Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas

Muharram Muharram(1), Ahmad Fudhail Majid(2*), Ryan Rayhana Sofyan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i2.40748

Abstract


Abstrak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berperan penting dalam meningkatkan kemampuan profesional guru. Dengan PTK diharapkan guru dapat melakukan observasi yang dapat dijadikan sebagai saran, teori, yang dapat membantu peserta didik dalam belajar. Selain itu, PTK dapat membantu lebih meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diselenggarakan di SMAN 1 Tammerodo Desa Seppong Kec.Tammerodo Sendana Kab. Majene Prov. Sulawesi Barat. Kegiatan PkM ini bertujuan melatih para guru untuk menyelesaikan PTK. Pada awalnya guru yang mengikuti pelatihan tersebut tidak begitu memahami langkah-langkah untuk menyelesaikan PTK, namun setelah pelatihan mereka paham. Selama 32 jam yang terbagi dalam beberapa sesi, para guru memahami langkah-langkah melakukan PTK. Pendampingan diselenggarakan sebagai metode pelatihan untuk menjelaskan dan membimbing para guru tersebut dalam melaksanakan PTK.

 

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Guru Profesional,  Sulawesi Barat


Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Safitri, R., & indah puspita sari, fajar. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan (KKN-PPM) Desa Penagan Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(1), 50-59. https://doi.org/10.34128/mediteg.v5i 1.66

Daud, M. H., & Kaleka, M. B. U. (2020). Analisis Kesulitan Bagi Guru Ipa Untuk Mel Akukan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 36-42. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.502.

Gravet, Sarah. (2006). Action Research and Transformative Learning in Teaching Development. Educational Action Reseach, Vol 12(2).

Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan guru dan angka kreditnya.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.