Praktik Baik Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa

Syamsurijal Basri(1*), Faridah Faridah(2), A. Mappincara(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v2i2.40523

Abstract


Abstrak. Tujuan dilakukan pelatihan adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam dalam menulis artikel ilmiah. Metode yang dilakukan adalah metode ceramah, diskusi dan praktek. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara pemberian materi tentang konsep tentang penulisan artikel ilmiah Artikel yang tidak layak dipublikasikan di jurnal ilmiah, Prasyarat mutlak dalam penulisan artikel, Komponen artikel ilmiah, Mekanisme penetapan judul artikel, penulisan abstrak dan kata kunci, Penulisan metode yang baik, Cara menguraikan hasil , Cara menguraikan pembahasan , Strategi  penarikan kesimpulan serta melakukan praktek meriview satu artikel untuk lebih memahami bagian-bagian pada artikel. Hasil yang di peroleh dalam pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah adalah dengan menggunakan metode pemberian materi dan dan praktek membuat artikel Sederhana mahasiswa dapat  memahami cara menulis artikel ilmiah untuk di publikasi pada Jurnal Nasional.

 

Kata Kunci: Artikel Ilmiah, Karya Ilmiah, Praktik Baik

Full Text:

PDF

References


Badri, R. E., Pranyoto, E., Gunawan, A., & Rumangkit, S. (2022). Research Bootcamp dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4407–4412.

Darmalaksana, W. (2020). Menulis Artikel Cepat Meskipun Tidak Suka Menulis. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Edaran: Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII. (n.d.). Retrieved March 5, 2022, from https://lldikti8.ristekdikti.go.id/2019/06/13/edaran-publikasi-karya-ilmiah-program-sarjana-program-magister-dan-program-doktor/

Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati, E. (2013). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains guru sekolah dasar melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111–116.

Ngibad, K. (2020). Pelatihan Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Fikes Umaha Di Masa Pandemi Covid-19. Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(1), 110–116.

Saputro, B. A., & Prastikawati, E. F. (2021). PELATIHAN KETRAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-BAHASA INGGRIS SMA DI KOTA SEMARANG. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 122–132.

Wahed, A., Faridah, F., & Irmawati, I. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Manajemen Referensi. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Wekke, I. S. (2019). Menulis Artikel Jurnal.

Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1).


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.