PKM Peningkatan Kualitas Sanitasi Lingkungan Perumahan Sebagai Upaya Menganggulangi Buangan Air Kotor Rumah Tangga Di Desa Rompegading Kabupaten Soppeng

Muhammad Ardi(1*), Faizal Amir(2), Bakhrani A. Rauf(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i2.26174

Abstract


Abstrak. Tujuan PKM ini adalah untuk: (1) meningkatkan pengetahuan mitra tentang konstruksi drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkungan, (2) memperkenalkan mitra tentang alat dan bahan yang digunakan membuat konstruksi drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkunga, dan  (3) meningkatkan keterampilan mitra membuat konstruksi drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkungan. Solusi permasalahan adalah: (1) memberikan penyuluhan  kepada mitra tentang konstruksi drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkungan, (2) memberikan penyuluhan  kepada mitra tentang alat dan bahan yang digunaka untuk membuat  konstruksi  drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkungan, dan (3) memberikan  petalihan kepada mitra membuat konstruksi drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkungan. Strategi yang digunakan adalah: (1) pada saat penyuluhan, metode yang digunakan dalah: ceramah, diskusi, dan tanya jawab, (2) pada saat pelatihan, metode yang digunakan adalah: demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Hasil yang dicapai adalah sebagai berikut: (1) mitra  memiliki pengetahuan tentang  konstruksi drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkunga, (2) mitra mengenali alat dan bahan yang digunakan  untuk membuat konstruksi drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkungan,  (3) mitra terampil membuat konstruksi drainase untuk membuang air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkungan, dan (4) telah terbangun konstruksi drainase pembuangan air kotor rumah tangga yang aman terhadap lingkungan pada salah satu rumah tinggal masyarakat yang dibina langsung.

Kata Kunci: Perumahan, Sanitasi lingkungan, Rumah tangga, dan Air kotor.


Full Text:

PDF

References


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup.

Ahmadi. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Adnani H. 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Cetakan 1. Yoyakarta:Penerbit Nuha Medika.

Frytxell, Gerald E. & Lo, Carlos W. H. 2003. “The Influence of Environmental Knowledge and Values on Managerial Behaviours on Behalf of the Environment: An Empirical Examination of Managers in China.”Journal of Business Ethics 46 (1):45 - 69 (2003).

Rauf, Rusdin. 2013. Sanitasi dan HACCP. Yogyakarta:Graha Ilmu..

Entjang, I. 2009. Ilmu Kesehatan Lingkungan Masyarakat. Jakarta: Cipta Aditya Bhakti.

Notoatmojo. Soekijo. 2010. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku: Jakarta: Rineka Cipta.

Franceys, R., Pickford, J. & Reed, R. 1992. A Guide to the Development of On-Site Sanitation, Geneva:World Health Organization.

Suriasumantri, J.S. 2010. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hunggerfort, H.R, and Trudi L. Volk., 1990. Changing Learner Behavior Trough Environmental Education. Unesco, UNDP, UNICEF, and World Bank. (www.elkhornsloughctp.org. Diakses 25 April 2019).

Tukiyat., 2009. Perilaku Masyarakat Situ Rawa Besar dalam Mengelola Lingkungan. Sinopsis Disertasi. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.