Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Teknik Bisik Berantai
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/interference.v2i2.20478
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alwi,Hasan et.Al. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka.
Andira, A., Hasmawati, H., & Mantasiah, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 128-133.
Angela, Jilly. (2012). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan Bisik Berantai Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMA Angkasa Yogyakarta. (skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Yogyakarta.
Angreany, F., Saleh, N., & Mannahali, M. (2021, March). YouTube-Based Audio Visual Media in German Listening Learning. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).
Budinuryanta Y, dkk. (2008). Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Chaer, Abdul. (2006). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia. Jakarta.: PT Asdi Mahasiswa.
Dewi, A. K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Melalui Permainan Bisik Berantai untuk Meningkatkan Perkembangan Berbahasa pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Faridah Kartono. (2013). Peningkatan Kemampuan Menyimak Menggunakan Teknik Permainan Bisik Berantai di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Pinyuh. Artikel Penelitian Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Fiddienika, A. (2020). ADJECTIVE PHRASES IN THE PREFACE OF AL-MUNJIDU DICTIONARY FIRST PRINTING WORKS LOUIS MA'LŪF AL-YASŪ'I: SYNTAX ANALYSIS. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).
Hacker, W. (1998). Allgemeine Arbeitspsychologie. Bern: Huber.
Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hammoud, Antje dan Ratzki, Anne. (2009). Fremdsprache Deutsch Kooperatives Lernen. München: Max Heuber Verlag.
Harianto, H., Dalle, A., & Anwar, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Mahasiswa. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 49-56.
Hermawan, H. (2012). Menyimak Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mirwan, M., Mantasiah, R., & Saud, S. (2020). PENGUASAAN KATA SANDANG BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 3 SINJAI DALAM MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).
Pabumbun, A. R., & Dalle, A. (2019). Problematika Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Putri, M. (2019). PERMAINAN BISIK BERANTAI PADA KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS SISWA SMK NEGERI 3 BANDARLAMPUNG.
Putri, N. E., Dalle, A., & Usman, M. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 18-26.
Ratumanan, T.G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: University Press.
Riskayanti, R., & Asri, W. K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 3(1).
Saddhono, Kundharu dan Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: CV. Karya Putra Darwati.
Saleh, N. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Paired Storytelling dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM. Makassar. Hal. 259.
Seidl, Linda. (2009). Hörverstehen in Theorie und Praxis. GRIN Verlag. Norderstedt Germany. Diakses pada tanggal 24 Januari 2015 dari Word Wide Web: (www.books.google.de).
Selviana, Y., Mannahali, M., & Dalle, A. (2020). HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI BAHASA. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 148-152.
Slamet. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Surakarta. Sebelas Maret University Press.
Suyatno. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC
Taniredja, dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Usman, M., Dalle, A., Azizah, L., & Ernawati, E. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FBS-UNM. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).
Usman, Misnawaty, dkk. (2019). Pengaruh Media Audio terhadap Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Makassar. Indonesian Of Journal Education Studies (IJES). Makassar.
Article Metrics
Abstract view : 1436 times | PDF view : 257 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.