Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/interference.v2i1.20129
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Asri, W. K., Burhanuddin, B., Dalle, A., & Achmad, A. K. (2019, January). Pengajaran sastra bahasa Jerman bagi pemula. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2018, No. 4).
Bunna, V., Fathimah, S., & Azizah, L. (2020, January). Media Pembelajaran Permainan Bingo dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Bursan, Ilham, Zulhidayat. (2013). Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Dirga, R. N. (2016). Inovasi Pembelajaran Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman di SMA. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 101-108.
Djiwandono, S. (2008). Tes Bahasa pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
Gunawan, G. (2019). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Cigudeg Bogor. Insitut Ummul Quro Al-Islami Bogor.
Har, A. (2011). Yuk! Diary, Puisi, & Cerita Fiksi. Yogyakarta: GMedia.
Muzdalifah, L. (2015). Efektivitas Penerapan Metode Estafet Writing dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nurfadilla, N., Rijal, S., & Usman, M. (2020). PENGAJARAN SASTRA BAHASA JERMAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 121-127.
Nurhayati, R., & Afifah, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 1(2), 143-151.
Pradopo, R. D. (2002). Pengkajian Puisi “Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik”. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendra. Yulia dan Eri Sarimanah. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Biografi”. Jurnal Pedagogia. Volume 7 Nomor 2, Tahun 2015.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Usman, M., & Dalle, A. (2019, February). Pengembangan model pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT) dalam pembelajaran kosakata Bahasa Jerman (Wortschatz) di SMA Kota Makassar. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 1, No. 1).
Article Metrics
Abstract view : 1260 times | PDF view : 286 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.